IBL

Tiga tahun berlalu sejak Steve Nash pensiun dari NBA, tapi ia tidak berhenti mengejutkan banyak orang. Setelah bergabung dengan Bleacher Report untuk meliput sepak bola, kini namanya dilantik Naismith Memorial Basketball Hall of Fame, semacam penghargaan besar atas dedikasinya kepada olahraga permainan itu. Nash bersama Jason Kidd, Ray Allen, dan 10 nama lainnya masuk ke dalam calon Hall of Fame angkatan 2018.

Nash adalah satu dari 11 pemain NBA yang mendapat gelar pemain terbaik dua kali berturut-turut. Ia juga masuk ke jajaran All-Star delapan kali selama 18 musim karirnya di sana. Sementara itu, Kidd merupakan seorang juara NBA. Ia mendapat gelar itu ketika membela Dallas Mavericks pada 2011. Selama karirnya, ia telah mencatatkan berbagai torehan. Salah satunya menjadi pencetak asis kedua terbanyak dalam sejarah NBA dengan 12.091 asis. Ray Allen, di sisi lain, adalah salah penembak jitu terbaik dan juara NBA dua kali (Boston Celtics dan Miami Heat).    

Selain ketiga nama itu, ada satu nama beken lain yang juga masuk ke Hall of Fame angkatan 2018. Nama itu adalah Grant Hill. Meski karirnya di NBA harus menurun karena cedera, Hill punya karir cemerlang di tingkat universitas dengan menjuarai NCAA dua kali beruntun bersama Duke (1991-1992).

“Saya gembira, gemetar dan bersyukur bisa berada di sini bersama orang-orang yang saya hormati dan kagumi,” ujar Hill yang juga seorang Rookie of the Year. Hill dan Kidd berbagi gelar itu pada 1995.

Selain pemain NBA, pensiunan WNBA juga turut ambil bagian dalam penghargaan besar ini. Nama seperti Tina Thompson dan Katie Smith menjadi salah dua pemain yang masuk ke Hall of Fame angkatan 2018.

Thompson merupakan draft pick pertama dalam sejarah WNBA. Houston Comets memilihnya pada 1997. Ia juga termasuk ke dalam 20 pemain WNBA terbaik sepanjang masa pada 2016. Sementara itu, Smith—yang kini menjadi kepala pelatih New York Liberty—adalah seorang medalis emas tiga kali bersama tim nasional Amerika Serikat. Ia juga meraih gelar juara WNBA bersama Detroit Shock pada 2006 dan 2008.

Sesuai rencana, 13 nama terpilih tersebut akan diabadikan di Hall of Fame pada 7 September mendatang.  

Berikut daftar nama Hall of Fame angkatan 2018:

Steve Nash

Jason Kidd

Ray Allen

Grant Hill

Maurice Cheeks

Tina Thompson

Katie Smith

Lefty Driesell

Charlie Scott

Rick Welts

Rod Thorn

Dino Radja

Ora Mae Washington

 

Foto: Sporting News

Komentar