IBL

Memang agak mengejutkan ketika seorang rapper bisa memiliki saham di klub NBA. Begitulah kenyataannya, bahwa rapper J. Cole akhirnya resmi menjadi pemilik Charlotte Hornets, atau lebih tepatnya pemilik sebagian kecil dari saham klub tersebut. Cole menjadi orang pertama yang menawarkan diri membeli saham Hornets dari Michael Jordan, pada bulan Juni 2023. 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, bahwa mayoritas Dewan Direksi NBA setuju Michael Jordan menjual sahamnya. Sehingga menurut ESPN, jutawan Gabe Plotkin dan Rick Schnall akan membeli Hornets, seharga 3 miliar dolar Amerika. Jordan akan pergi dari Hornets bersama pemilik saham lainnya, yaitu Dan Sundheim, Ian Loring, dan Dyal HomeCourt Partners. 

Namun yang menarik adalah justru ada nama J. Cole dalam daftar pemilik baru Hornets. Pemilik nama asli Jermaine Lamarr Cole tersebut akan menjadi pemilik minoritas di Hornets. Cole ternyata menjadi orang pertama yang bersedia membeli saham minoritas klub, setelah Michael Jordan mengumumkan bahwa dirinya akan menjual Hornets. 

Puncaknya, pada minggu terakhir bulan Juli 2023, Dewan Direksi NBA, dalam pemungutan suara, menyetujui transaksi tersebut. Dari pemilik 30 klub NBA, hanya James Dolan, pemilik New York Knicks yang tidak setuju. Sehingga hasil pemungutan suara tersebut menjadi 29-1. 

Pada tahun 2022, J.Cole membuat gebrakan. Cole bergabung dengan Scarborough Shooting Stars yang berlaga di Canadian Elite Basketball League (CEBL). Ini akan jadi kali kedua Cole bergabung dengan tim basket profesional dalam dua tahun beruntun. Sebelumnya pada tahun 2021, Cole bergabung dengan Rwanda Patriots Basketball Club di musim pertama Basketball African League (BAL) yang diinisiasi oleh NBA. (*)

Foto: HotNewHipHop

Komentar