IBL

Penyanyi rap kenamaan asal Amerika Serikat, J. Cole menunjukkan keseriusannya dalam bermain basket. Dilansir oleh ESPN, Cole baru saja menyepakati kontrak untuk bermain secara profesional di liga basket Afrika yang baru saja terbentuk dengan nama Basketball Africa League (BAL). Cole akan bermain untuk tim bernama Rwanda Patriots BBC.

Kabar ini sendiri sebenarnya mencuat karena sebuah media lokal, The New Times Rwanda, meliput kedatangan Cole di sana. Cole sudah datang sekitar dua hari lalu guna melakukan karantina terlebih dahulu. Adapun bergabungnya Cole dengan Patriots BBC akan diresmikan pada Kamis, 13 Mei 2021, waktu setempat. Gim pertama Patriots BBC di BAL rencananya digelar Minggu, 16 Mei 2021, waktu setempat.

Kabar tentang J. Cole bermain di profesional sudah menyebar sejak akhir musim lalu. Memang awalnya Cole diperkirakan akan bermain di NBA. Berita itu muncul di bulan Agustus 2020 lalu. Ternyata tidak, dia justru memilih untuk bergabung dengan Rwanda Patriots bersama Brandon Costner, mantan pemain North Carolina State.

(Baca juga: Detroit Pistons Siap Beri J.Cole Uji Coba Masuk ke Skuad)

 Cole memang sangat mencintai basket. Bahkan, basket bisa dibilang cinta pertamanya sebelum ia memutuskan terjun ke dunia musik. Cole muda sempat menjadi bintang basket di sekoalhnya, Sanford High School, yang terletak di North Carolina. Namun, setelah mendapatkan beasiswa di St. John University, New York, Cole lebih fokus kepada pendidikan dan juga karier musiknya.

 

Pun demikian, kecintaan Cole terhadap basket tak pernah luntur. Dalam beberapa kesempatan, ia kerap terlihat berlatih atau sekadar bermain santai dengan para pemain NBA. Ia juga beberapa kali tampil di NBA All Star Celebrities Game. Kesepakatannya dengan Puma pun membawanya menjadi penanyi rap pertama dengan sepatu edisi khusus (signature shoes) untuk basket dengan nama Puma RS-Dreamer. Di jeda musim lalu, sempat ada wacana Cole akan mendapatkan kontrak percobaan oleh Detroit Pistons. Sayangnya, wacana tersebut tak pernah menjadi kenyataan untuk penyanyi berusia 36 tahun ini.

Minggu ini akan menjadi minggu yang sibuk untuk Cole. Selain memulai debutnya sebagai pemain basket profesional, Cole juga dijadwalkan meluncurkan album baru bertajuk “The Off-Season” pada 14 Mei 2021, waktu setempat. Ini akan jadi album studio keenam Cole. Pada 7 Mei 2021 lalu, single pertama untuk album ini sudah bisa dinikmati di berbagai media dengan judul “Interlude.”

Hari ini, Cole juga merilis sebuah trailer dokumenter tentang perjalanan album ini berjudul “Applying Pressure: The Off-Season.” Dalam perbincangan dengan penanyi rap lainnya, 21 Savage, Cole juga sempat menyinggung bagaimana perjalanannya berubah dari seorang yang bermimpi menjadi pemain basket hingga menjadi salah satu penyanyi rap terbaik di Amerika Serikat sekarang. (tor x DRMK)

Foto: consequence.net

Komentar