IBL

Ikon terbesar dalam sejarah bola basket, Michael Jordan dikabarkan sedang dalam pembicaraan untuk menjual saham Chalotte Hornets. Mungkin tidak semuanya, namun ini jelas akan berpengaruh besar di NBA. Meski ada kepastian bahwa Jordan akan tetap ada di lingkup NBA, meski dirinya bukan pemilik mayoritas di Hornets lagi. 

Jordan awalnya membeli ke grup kepemilikan Hornets pada tahun 2006. Empat tahun kemudian, dia menghabiskan 275 juta dolar Amerika untuk menjadi pemilik mayoritas tim tersebut. Jordan sudah menjual 20 persen saham tim seharga 300 juta dolar pada tahun 2020. Hornets saat ini bernilai investasi sebesar 1,77 miliar dolar Amerika.

Adrian Wojnarowski dari ESPN baru-baru ini mengungkapkan bahwa Michael Jordan sedang dalam pembicaraan untuk melepaskan sebagian besar sahamnya. Jordan berencana menjual saham Hornet miliknya kepada grup yang dipimpin oleh pemilik minoritas Hornets, Gabe Plotkin, dan pemilik minoritas Atlanta Hawks, Rick Schnall. 

Lantas, Adam Silver sebagai komisaris NBA membenarkan kabar tersebut. Dalam konferensi pers di New York, Silver menegaskan bahwa Jordan tidak berniat menyimpang terlalu jauh dari NBA. Mantan bintang Chicago Bulls ini meyakinkannya bahwa dia ingin mempertahankan posisinya di antara para petinggi klub, dan menjadi bagian dari masa depan NBA.

"Apa yang dikatakan Michael kepada saya adalah bahwa apakah kesepakatan itu tercapai atau tidak, dia akan tetap menjadi bagian dari liga. Saya mengerti bahwa seiring berjalannya waktu, orang tertarik pada bidang lain. Itu tidak hidup di pasar sekarang, jadi itu sangat bisa dimengerti. Tapi kabar baiknya adalah saya pikir terlepas dari statusnya sebagai pemilik, dia akan tetap menjadi bagian dari apa pun yang terus dilakukan liga ini. Saya tidak ragu tentang itu," jelas Silver, dikutip dari basketsession.com

Penggemar NBA pasti bisa bersuka cita bahwa orang yang dianggap oleh banyak orang sebagai pemain terbaik dalam sejarah bola basket masih mendapat tempat di liga. Tapi di sisi lain, kepergian Michael Jordan dari jajaran kepemilikan tim NBA akan menandai akhir dari petualangannya yang tidak terlalu cemerlang sebagai pemilik klub. (*)

Foto: Sportscasting.com

Komentar