IBL

Pamor National Basketball Association (NBA) sebagai liga basket terbaik di dunia sudah tak bisa dipungkiri lagi. Semua pertandingan yang mereka gelar selalu berhasil membuat para penonton senang, tegang, dan terhibur dalam satu waktu yang sama. Acara-acara lainnya yang bersifat sebagai pendukung NBA itu sendiri juga selalu menarik untuk dinanti. Salah duanya adalah NBA Draft dan pasar pemain bebas yang kini sedang berlangsung.

Meski sudah cukup stabil dalam penyelenggaraannya, NBA menunjukkan profesionalisme mereka dengan semangat untuk selalu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Terbaru, NBA melalui komisaris mereka, Adam Silver, juga membuka kemungkinan untuk memperbaiki kemasan acara mereka.

Kepada Las Vegas review-Journal, Silver mendaku bahwa jajaran komite NBA sedang membuka peluang untuk memperbaiki sistem antara pasar pemain bebas dan NBA Draft. Selama ini, NBA Draft selalu digelar sebelum pasar pemain bebas. Hal ini seringnya membuat pemain yang dipilih pada malam draft oleh sebuah tim, mungkin saja tak bermain untuk tim itu di musim reguler karena masuk pertukaran.

“Saya menyadari adanya kecanggungan di malam draft,” buka Silver. “Percaya kepada saya, saya adalah orang yang berdiri di atas sana dan menjabat tangan para pemain muda tersebut. Mereka berdiri dan terpilih tapi ada peluang besar mereka tak akan bermain untuk tim yang memilihnya. Memang pertukaran bisa terjadi saat malam draft, tapi kami tak bisa secara teknis mengungkapkan semua transaksi itu. Ada beberapa hal yang harus dipenuhi sebelum transaksi benar-benar terjadi dan kami bisa memberi pengumuman,” tutupnya.

Apa yang diungkapkan Silver memang acap kali terjadi. Contoh terbaru adalah DeAndre Hunter, pemain baru Atlanta Hawks yang dipilih menggunakan hak memilih Los Angeles Lakers. Ia maju ke panggung dan harus menggunakan topi Lakers, tim yang tidak akan ia bela, bukan topi milik Hawks. Jauh sebelum Hunter, legenda NBA, Kobe Bryant, juga memiliki foto draft dengan dirinya menggunakan topi Charlotte Hornets, bukan Lakers. (DRMK)

Foto: Sports Illustrated, Los Angeles Times

 

Komentar