IBL

Skenario "gelembung" yang dibuat NBA belum mencatat hasil tes positif virus korona. Artinya, strategi ini berhasil, meski masih ada masalah. Salah satunya kemauan pemain untuk mematuhi protokol kesehatan. Beberapa pemain akhirnya mendapat teguran langsung dari Komisaris NBA Adam Silver karena perilaku mereka.

Pada siaran langsung di TNT hari Kamis, 6 Agustus 2020 waktu Amerika Serikat, reporter Yahoo Sports, Chris Haynes melaporkan bahwa beberapa pemain dipanggil oleh komisaris Adam Silver. Mereka dipanggil karena menerima keluhan dari beberapa orang di "gelembung" NBA yang merasa kurang nyaman dengan perilakunya. Masih belum jelas apakah ada sanksi atau hanya sifatnya peringatan secara pribadi saja.

Sebelum musim dimulai, NBA sudah membuat aturan bahwa para pemain bisa menyampaikan keluhan, atau bahkan kekhawatiran mereka tentang protokol kesehatan yang ada. Tetapi sejauh ini beberapa pemain justru membuat orang lain tidak nyaman. Seperti kasus pemain Los Angeles Dwight Howard yang tidak pernah memakai masker. Howard beralasan kalau "gelembung" NBA tempat paling aman dari penularan virus.

Sementara itu, Shams Charania dari The Athletic and Stadium menyebutkan bahwa peringatan tersebut sebagian besar disebabkan oleh pemain yang tidak memakai masker, dan mematuhi jarak sosial yang sudah ditetapkan.

Sebelumnya, pada 2 Agustus 2020 lalu, semua tim peserta di "gelembung" sudah diberi pemberitahuan untuk menekankan penggunaan masker. Menginstruksikan klub untuk menunjuk seseorang sebagai pengawas, agar benar-benar dilakukan oleh semua anggota tim. Laporan Marc Stein dari New York Times menyebut bahwa ada denda ketika pemain atau anggota tim tidak patuh. Selain denda, mereka bisa saja dikeluarkan dari "gelembung" NBA.

Sementara itu, pada hari Rabu lalu, NBA dan NBPA mengumumkan bahwa hasil tes covid-19 untuk 343 pemain semuanya negatif. Ini sudah ketiga kalinya NBA menyatakan bahwa "gelembung" mereka aman dari penularan virus korona. (tor)

Foto: NBA

Komentar