IBL

Menambahkan Chris Paul dipercaya membawa manfaat besar bagi Golden State Warriors. Prediksinya, CP3 bisa membawa tim ini kembali merebut gelar juara NBA sekali lagi. Meski ada kekhawatiran bahwa Paul tidak cocok dengan gaya permainan Warriors yang memiliki pergerakan bola dan umpan cepat. Tetapi setidaknya ada lima keuntungan yang bisa didapatkan Warriors ketika mereka punya Chris Paul. 

Kehadiran "Point God" di Warriors memang membuat NBA musim 2023-2024 sangat dinantikan penggemar. Mereka ingin melihat bagaimana Paul bisa padu dengan Stephen Curry, Klay Thompson, dan Draymond Green. Sebagian pengamat percaya bahwa Paul bisa menguntungkan, karena bakal membuat variasi serangan Warriors lebih banyak. Mereka akan menjadi tim yang tak terduga di musim depan. 

Kit Espina dari Give Me Sport mencoba untuk membedah beberapa faktor yang menguntungkan bagi Warriors dengan kedatangan Chris Paul. Berikut lima faktor yang menguntungkan bagi Warriors.

1. Menambah Kekuatan Lini Kedua

Warriors merupakan tim kuat ketika tiga pemain intinya bermain, yaitu Curry, Thompson, dan Green. Tetapi ketahuilah bahwa pemain cadangan Warriors pada musim 2022-2023 punya rata-rata 37,9 poin, 15,2 rebound, dan 9,1 asis. Menempatkan bangku cadangan Warriors berada di urutan 17 dari 30 tim selama musim reguler. Jadi mereka butuh suntikan tenaga baru. 

Selama ini, kesulitan Steve Kerr adalah membagi waktu antara Curry dan Green. Karena ketika ditarik bersama-sama untuk diistirahatkan, maka lini kedua Warriors kedodoran. Sehingga kehadiran Chris Paul, yang memimpin lini kedua, bisa membuat Curry dan Green punya waktu istirahat lebih lama. Kerr tidak perlu khawatir lini keduanya kendor, karena akan dijaga oleh Paul. 

2. Tambahan Fasilitator

Chris Paul bukan hanya sekadar pencetak poin produktif. Karena bila kembali pada musim 2013-2014, di mana dia bisa mencetak 10,7 asis per gim untuk LA Clippers. Sepanjang 18 musim di NBA, CP3 mengoleksi 9,5 asis per gim. Seandainya Paul dimainkan sebagai pemain inti, maka dia akan membantu Curry mengatur serangan. Bayangkan bila Paul, Curry, Green, lalu ditambah dengan Klay Thompson dan Andrew Wiggins. 

Foto: Clippersholics

3. Variasi Serangan

Masalah lain di tim Warriors muncul di playoff. Warriors menempati posisi ke-11 dari 16 tim playoff untuk persentase tembakan, dengan 44,8 persen. Kehadiran Paul akan mengatasi masalah tersebut. Karena dia punya rata-rata 17,9 ppg dengan akurasi tembakan 47 persen di babak playoff. 

Warriors memang punya akurasi tripoin bagus. Namun nyatanya, mereka hanya berada di peringkat ke-10 saat playoff dengan akurasi tripoin 34 persen. Sementara Chris Paul punya akurasi 37 persen untuk tembakan tripoin di babak playoff. Bisa jadi akurasi tripoin Warriors meningkat di babak playoff, yang memungkinkan mereka bisa mendapatkan gelar juara lagi. 

4. Mentor untuk Anak Muda

Lebih dari dampak yang dia ciptakan setiap kali dia berada di lapangan, Paul memiliki satu keuntungan lagi yang akan berguna bagi Warriors dalam jangka panjang. Seperti yang terlihat dalam tugasnya bersama Thunder dan Suns, Paul sangat kompeten dalam membimbing rekan satu timnya yang lebih muda.

Mirip dengan bagaimana Shai Gilgeous-Alexander dan Deandre Ayton berkembang dengan bimbingan Paul. Maka ada juga kesempatan bagi para pemain muda Golden State untuk mendapatkan pengalaman yang sama. Pemain seperti Jonathan Kuminga dan Moses Moody akan belajar dari salah satu pemain terbaik di liga. 

5. Senioritas 

Tentunya penggemar NBA masih ingat perseteruan antara Draymond Green dan Jordan Poole saat latihan. Green meninju Poole, yang merusak chemistry Warrios di musim 2022-2023. Padahal selama ini Green dianggap sebagai orang yang paling senior di tim. Tetapi dia lebih emosional dibanding pemain lain. 

Stephen Curry tidak bisa meredam perselisihan tersebut. Sehingga peristiwa ini berpengaruh untuk kelangsungan tim Warriors. Sehingga dibutuhkan satu pemain yang lebih dihormati. Masalah senioritas ini akan selesai dengan kehadiran Chris Paul. Selain usianya, Paul pernah menjadi Presiden Asosiasi Pemain NBA (NBPA), sehingga semua pemain jelas menghormatinya. Sekarang, tidak sulit membayangkan Warriors bakal memiliki unit yang solid di dalam dan luar lapangan dengan kehadiran Paul. (*)

Foto: AZ Central

Komentar