IBL

Phoenix Suns belum berhenti membangun kekuatan untuk menatap musim mendatang. Mereka merekrut Bol Bol yang berstatus agen bebas. Sebagai gantinya mereka mengirim Cameron Payne dan beberapa draft pick ke San Antonio Spurs. Suns juga menerima tiga draft pick putaran kedua dari Orlando Magic.

Dengan bergabungnya Bol Bol ke Phoenix, Suns memiliki tambahan untuk memperkuat lapisan utama yang terdiri dari Kevin Durant, Devin Booker, Bradley Beal, dan Deandre Ayton.

Bol Bol mendapatkan momennya musim lalu bersama Magic. Ia meraih statistik tertinggi dalam musim keempat di NBA. Pemain berusia 23 tahun itu bermain 70 gim dengan 33 kali sebagai starter. Ia mencetak rata-rata 9,1 poin, 5,8 rebound, dan 1,2 blok.

Tapi capaian itu tidak cukup untuk membuatnya aman di Magic. Ia justru dilepas oleh Magic bulan lalu. Bol Bol akhirnya mendapatkan tempat di Suns. Ia menerima kontrak selama setahun dan jaminan penuh.

Saat ini Suns memiliki 11 pemain dengan kesepakatan minimum. Dengan mengirim ke Payne ke Spurs, Suns menghemat luxury tax yang diperkirakan mencapai AS$26,4 juta pada musim depan.

Payne merupakan pilihan ke-14 NBA Draft 2015 oleh Oklahoma City Thunder. Payne telah bersama Suns selama empat musim terakhir. Ia mencatat lebih dari 174 penampilan dengan rata-rata 9,8 poin, 4,8 asis, dan 2,6 rebound.

Payne juga berkontribusi membantu Suns mencapai NBA Final 2020-21. Meski akhirnya kalah dari Milwaukee Bucks. Musim lalu Payne memiliki rata-rata 10,3 poin dan 4,5 asis.

Dengan Mat Ishbia sebagai pemilik baru Suns, ia telah banyak mengubah wajah waralaba. Setelah gagal ke final wilayah musim lalu, Suns memecat pelatih Monty Williams. Lalu Suns menunjuk Frank Vogel sebagai pelatih baru.

Dalam bursa transfer kali ini Suns juga cukup agresif. Tentu yang paling mengejutkan dengan mengirim Chris Paul ke Warriors dan mendatangkan Bradley Beal dari Wizards. Kemudian Suns juga mengambil Yuta Watanabe dari Brooklyn Nets dan memadukannya dengan Kevin Durant lagi. Kini Suns terus bergerak untuk memperdalam roster agar bisa bersaing di kejuaraan musim depan. (rag)

Foto: Sportsnet

Komentar