IBL

Phoenix Suns berhasil sapu bersih (4-0) atas Denver Nuggets, di Semifinal NBA 2021 Wilayah Barat. Mereka mengalahkan Nuggets di gim keempat dengan skor 125-118, di Denver, Minggu malam, waktu setempat. Kemenangan Suns sudah terasa sejak kuarter ketiga, setelah Nikola Jokic diusir keluar pertandingan setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Cameron Payne.

Tertinggal delapan poin di kuarter ketiga, Jokic tampak frustasi. Setelah gagal melakukan offensive rebound, Jokic melihat bola dipegang oleh Payne. Jokic langsung menghampiri dan berusaha merebutnya. Tapi bukan merebut dengan cara biasa. Jokic terlihat seperti sengaja memukul Payne. Setelah kejadian tersebut, Payne tersungkur di lapangan sambil memegangi wajahnya. Tak terima dengan perbuatan Jokic, Devin Booker langsung menyerang MVP NBA 2020-2021 tersebut. Keduanya terlihat siap berduel di lapangan. Sampai akhirnya seluruh pemain berusaha melerai mereka. Booker dan Jokic mendapatkan double technical foul.

Sementara itu, wasit menilai Jokic melakukan flagrant foul. Namun sebelum meninggalkan lapangan, Jokic sempat menghampiri Payne dan meminta maaf. Namun ini jadi akhir musim yang buruk bagi sang MVP.

Di kubu Suns, Chris Paul mencetak 37 poin, 7 asis, dan 2 steal. Ini merupakan catatan terbaik CP3 di babak playoff sejak 2018. Devin Booker menyelesaikan laga ini dengan torehan 34 poin, 11 rebound, dan 4 asis. Mikal Bridges menyumbang 14 poin, disusul DeAndre Ayton (12 poin), dan Jae Crowder (9 poin, 10 rebound, dan 4 blok).

Jalannya pertandingan memang sudah diperkirakan sebelumnya. Karena Jokic merasa tidak punya jawaban atas permainan Suns. Itu diungkapkan setelah kekalahan di gim ketiga. Sementara, mereka sudah terlihat kewalahan di babak pertama gim keempat. Jae Crowder menunjukkan kontribusi besar khususnya di pertahanan selama babak pertama. Dia mencetaka empat blok, dan membuat presentase tembakan Nuggets turun.

Suns unggul 63-55 atas Nuggets di babak pertama. Booker memimpin dengan 21 poin untuk Suns. Sedangkan Chris Paul menyumbang 12 poin dan 5 asis. Di kubu Nuggets, Jokic jadi aktor utama selama babak pertama dengan torehan 18 poin dan 10 rebound. Jokic hanya mampu menambahkan empat poin di kuarter ketiga, sebelum akhirnya dikeluarkan karena melakukan pelanggaran keras.

Jokic mengemas 22 poin, 11 rebound, dan 4 asis di pertandingan terakhirnya musim ini. Sementara poin terbanyak bagi Nuggets disumbang oleh Will Barton (25 poin), Michael Porter Jr. (20 poin), Monte Morris (19 poin), dan Facundo Campazzo (14 poin). Nuggets tidak bisa mengulang sukses musim lalu, yang bisa tampil di Final Wilayah Barat. Bahkan lebih buruk lagi, Nuggets musim ini kalah 0-4 di semifinal.

Suns menjadi tim pertama yang lolok ke final wilayah di Playoff NBA 2021. Mereka sedang menunggu pemenang antara LA Clippers melawan Utah Jazz. Suns sudah memenangkan tujuh pertandingan playoff berturut-turut dengan rata-rata keunggulan sebesar 16,3 poin. Setelah menang dari Los Angeles Lakers (4-2) di putaran pertama lalu, Suns membuktikan kualitas mereka dengan menyapu bersih Nuggets di putaran kedua. (tor)

Foto: nba.com

Komentar