IBL

Kyrie Irving resmi bekerja sama dengan merek sepatu asal Cina, Anta. Kesepakatan itu berdurasi lima tahun. Pemain Dallas Mavericks itu juga diperkenalkan sebagai Chief Creative Officer Anta Basketball.

Ia akan memiliki sepatu khasnya sendiri pada awal 2024. Pada musim baru NBA nanti, Irving mengenakan Anta Shock Wave 5. Kesepakatan itu juga unik. Sebagai chief creative officer, Irving memiliki kesempatan untuk merekrut pemain lain hingga membawa tingkat produksi dan distribusi Anta ke Amerika Serikat.

“Ditunjuk sebagai Chief Creative Officer Anta Basketball lebih dari sekedar mewujudkan mimpi saya. Ini kesempatan sempurna bagi saya yang selalu bermimpi tinggi dan menghargai pemikiran mandiri, untuk memanfaatkan bakat artistik saya untuk menciptakan dan menyatukan budaya di dalam dan luar lapangan,” kata Irving.

Kerja sama ini muncul usai Irving kembali menandatangani kontrak dengan Mavericks pada bulan lalu. Kontrak tersebut berdurasi tiga tahun dengan nilai AS$126 juta.

Dalam industri sepatu, Irving telah menjadi “agen bebas” selama delapan bulan. Irving berpisah dengan Nike pada November 2022 lalu. Kerja sama mereka berakhir buntut dari postingan Irving yang berbau anti semit di media sosialnya.

Setelah kerja sama itu berakhir, Irving masih memakai sepatu Nike-nya sepanjang musim lalu. Tetapi pemain berusia 31 tahun itu menutupi logo Nike dengan lakban. Ia juga menulis beberapa pesan di sepatunya.

Anta merupakan merek peralatan olahraga yang didirikan sejak 1991. Mereka sebenarnya telah masuk pasar NBA. Skalanya memang kecil namun tepat sasaran. Selain Irving, Anta telah menjalin kerja sama dengan Klay Thompson, Gordon Hayward, dan Alex Caruso. Dalam satu dekade terakhir, Anta juga merekrut nama-nama seperti Luis Scola, Rajon Rondo, dan Chandler Parsons.

Pada NBA musim 2022-23, Anta menempati peringkat keenam sebagai sepatu pilihan pemain. Anta berada di belakang New Balance. Tetapi mengalahkan merk Cina lainnya yaitu Li-Ning yang berada di posisi ketujuh. (rag)

Foto: Anta

Komentar