IBL

Entah ada yang ada di pikiran para petinggi Anta Sports. Karena mereka ternyata tidak hanya merekrut Kyrie Irving sebagai duta, melainkan memberinya posisi Creative Officer Anta Basketball. Jadi Irving akan diberi kebebasan berkreasi untuk bekerja dengan kolaborator dan juga menjadi penentu perusahaan untuk merekrut atlet NBA lainnya ke merek ini. Kontrak seperti ini baru pertama kali terjadi dalam sejarah olahraga. 

Menurut Almas Saad dari Essentially Sports, kesepakatan Kyrie Irving dengan perusahaan China tersebut senilai jutaan dolar. Namun kesepakatan ini menodai cita-cita Klay Thompson, yang sudah menjadi bintang Anta sejak 2017. Thompson baru-baru ini dilaporkan menandatangani kesepakatan sepatu senilai 80 juta untuk sepuluh tahun ke depan.

Ada indikasi bahwa Thompson ingin meniru Michael Jordan dengan Nike. Dia ingin menjadi wajah utama Anta, bahkan seumur hidup. Oleh karena itu Thompson menolak tawaran dari Nike. Tetapi pengumuman kerjasama Anta dan Nike, sepertinya membuat cita-cita besar Thompson sedikit terhabat. Karena Irving, selain kontrak duta, juga mendapat jabatan sebagai Creative Officer.

Foto: weartesters.com

Tidak hanya itu saja. Dari kacamata bisnis, kemitraan Nike dengan Kyrie Irving untuk rangkaian sepatu basket eksklusif Kyrie dihentikan tahun lalu. Langkah tersebut merupakan pukulan bagi perusahaan. Pasalnya sepatu basket Kyrie laris di pasaran, hanya berada di belakang penjualan sepatu LeBron James. Dan sekarang, kontrak Irving dengan merek China diprediksi juga memengaruhi penjualan beberapa sepatu khas lainnya. Selain Thompson, menurut Almas Saad, sepatu Stephen Curry dengan Under Armour juga terancam.

Lebih dari setengah tahun sejak resmi mengakhiri kemitraannya dengan Nike, Kyrie memang terlihat dekat dengan perusahaan pakaian olahraga yang didirikan pada tahun 1991 tersebut. Selama beberapa minggu terakhir, Irving mengenakan sneaker Anta. 

Di Instagram mereka, kemitraan yang baru dibentuk ini diumumkan secara resmi. Sementara detail kontrak terkait sepatu khas (signature shoes) Kyrie Irving tidak terungkap. Namun menurut Sneaker News, kemungkinan akan datang pada kuartal pertama di tahun 2024. Sehingga untuk NBA musim 2023-2024 bersama Dallas Mavericks, tampaknya Irving akan mengenakan Anta Shock Wave 5. 

"Saya sangat senang dengan kerja sama," kata Irving dalam sebuah pernyataan. "Langkah pertama untuk menjadi mitra adalah berbagi mimpi, tujuan, dan misi yang sama. Perkembangan pesat Anta selama bertahun-tahun, keterbukaan terhadap kreativitas, kemauan untuk merangkul keluarga dan kerja sama tim, keahlian di berbagai bidang seperti inovasi produk dan proses manufaktur telah meninggalkan kesan yang luar biasa tidak hanya bagi saya, tetapi juga tim A11Even, saya yang akan bekerja berdampingan dalam menciptakan sesuatu yang benar-benar istimewa." 

Sejak 2014, pemain berusia 31 tahun tersebut menjadi duta Nike. Namun kontraknya diputus pada Desember 2022. Sejak saat itu, Irving memakai Nike Kyrie model lama dengan menutup logonya. Namun kenyataanya, justru Irving dinilai masih punya daya tarik dalam bisnis sepatu basket. Nike akhirnya membatalkan rilis sepatu khas Kyrie Irving yang diberi nama Kyrie 8. 

Dikutip dari Boardroom, Anta berencana mendongkrak bisnis sepatu basket mereka dengan mengontrak Kyrie Irving. Pasalnya sepatu khas Kyrie Irving bersama Nika merupakan salah satu produk yang laris di setiap tahun. (*)

Foto: Instagram Anta Basketball

Komentar