IBL

Damian Lillard ingin pindah tim. Ia ingin Portland Trail Blazers mengirimkan ke Miami Heat. Ini sudah 9 hari sejak Lillard mengajukan pertukaran. Tapi tidak semudah itu. Blazers masih berbelit. Manajer umum Blazers Joe Cronin bahkan menyebut proses ini bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Cronin menyebut hal ini dilakukan agar Blazers bisa mendapatkan tawaran terbaik dan pengganti Lillard yang sepadan.  “Dari apa yang telah saya pelajari bahwa kesabaran itu penting,” kata Cronin dalam jumpa pers di Thomas & Mack Center pada Senin (10/7) waktu setempat.

“Jangan reaktif. Jangan tergesa-gesa dalam memecahkan masalah. Saya pikir tim yang paling beruntung setelah pertukarang adalah tim yang bisa mengatur waktu dan tidak impulsif atau tim yang benar-benar tahu kebutuhan mereka,” lanjutnya.

Lillard telah bersama Blazers selama 11 musim. Ia dipilih sebagai urutan keenam NBA Draft 2012 oleh Blazers dari Weber State University. Lillard langsung menjadi ruki terbaik. Pemain berusia 32 tahun itu kemudian terpilih dalam All-Star 7 kali.

Lillard menginginkan gelar juara. Sesuatu yang layak ia dapatkan. Namun, hal itu sulit terjadi bersama Blazers. Dua musim terakhir mereka tidak lolos playoff. Sejak Lillard bergabung 11 tahun lalu, capaian terbaik Blazers adalah final Wilayah Barat 2018-19. Sayangnya, mereka disapu bersih Golden State Warriors.

“Posisi Dame tidak akan berubah. Seluruh situasi ini tentang membangun peluang Portland mengejar gelar juara atau memberinya kesempatan lain yang ia inginkan yaitu Miami,” ungkap agen Aaron Goodwin kepada Associated Press pekan lalu.

Blazers memang terkesan mengulur waktu. Mereka juga sebenarnya berharap Lillard berubah pikiran. Lillard mengajukan permintaan pertukaran pada 1 Juli lalu atau sehari setelah hari pertama agen bebas.

Sejak permintaan pertukaran itu, hubungan Cronin dan Lillard merenggang. Cronin bahkan mengakui ia tidak berbicara dengan Lillard sejak 1 Juli.

“Jadi, saya pikir begitulah pendekatan saya dan akan seperti ini. Kami akan bersabar. Kami akan melakukan yang terbaik untuk tim. Kami akan melihat bagaimana ini terjadi. Bahkan jika perlu waktu berbulan-bulan,” pungkas Cronin. (rag)

Foto: Yahoo Sports

Komentar