IBL

Di tengah ramainya perpindahan pemain di bursa transfer, Damian Lillard dikabarkan akan tetap di Portland Trail Blazers. Hal itu diungkapkan oleh manajer umum Blazers Joe Cronin melalui Bill Oram dari The Oregonian pada Selasa (27/6) waktu setempat.

“Kami telah melakukan pembicaraan yang hebat. Kami tetap berkomitmen untuk membangun tim juara di sekitar Dame,” ungkap Cronin. Jawaban Cronin itu terkait dengan pertemuan Lillard dengan tim. Pertemuan itu membahas soal arah waralaba selanjutnya.

Lillard memasuki musim ketiganya dari perpanjangan kontrak empat tahun senilai AS$176 juta. Pembicaraan dengan Blazers itu menjadi pertimbangan Lillard terkait masa depannya. Jika Blazers tidak berbenah, kemungkinan Lillard bisa mengejar potensinya di tim lain yang sedang mengejar gelar juara.

Di sisi lain, Miami Heat dilaporkan tertarik dengan Lillard. Mereka akan sabar menunggu Lillard untuk meminta pertukaran. Setelah mencapai final NBA 2022-23, Heat ingin memperdalam roster dengan melengkapi Jimmy Butler dan Bam Adebayo.

Blazers sendiri memang tengah mengalami masa-masa yang sulit. Blazers tidak lolos playoff dalam dua musim terakhir (60-104). Pada musim 2022-23 finis diurutan ketiga terbawah klasemen Wilayah Barat. Dari 82 gim musim reguler, Blazers hanya menang 33 kali.

Mereka telah memiliki Scoot Henderson sebagai pilihan ketiga NBA Draft 2023. Ini menjadi satu langkah yang tepat untuk membangun tim. Henderson memainkan posisi yang sama dengan Lillard. Tetapi pilihan ketiga tersebut juga bisa menjadi aset terbesar Blazers jika melakukan pertukaran untuk menambah pemain veteran lain.

Lillard menghabiskan seluruh kariernya dengan Blazers. Ia menjadi pilihan keenam dalam NBA Draft 2012. Selama 12 tahun di Portland, capaian terbaik mereka adalah final Wilayah Barat pada 2019. Mereka disapu bersih oleh Golden State Warriors yang akhirnya menjadi juara.

Cari capaian individual, Lillard terpilih sebagai Rookie of the Year 2013. Setelah itu ia terpilih 7 kali dalam All Starts dan masuk dalam All-NBA First Team 2018. Pada Februari lalu, Lillard memenangkan kontes tripoin All-Star di Salt Lake City, Utah. (rag)

Foto: NBA

Komentar