IBL

Benda-benda memorabilia Michael Jordan selalu menjadi incaran. Sepatu yang ia pakai dalam gim 5 Final NBA 1997 terjual dengan harga AS$1,38 juta atau senilai Rp20,6 miliar pada Rabu (14/6) di pasar barang koleksi Goldin. Momen itu juga bertepatan dengan 26 tahun momen ikonik tersebut.

Pertandingan itu juga dikenal sebagai “Flu Game” dan menjadi salah satu final NBA paling dikenang sepanjang masa. Jordan meraih 38 poin, 7 rebound, dan 5 asis selama 44 menit. Selama gim itu Jordan mengalami gejala seperti sakit flu.

Dalam pertandingan antara Chicago Bulls vs Utah Jazz di Delta Center, Salt Lake City itu memang sedang mengalami cuaca buruk. Tetapi dalam film dokumenter The Last Dance diketahui bahwa Jordan mengalami keracunan makanan.

Final NBA 1997 menjadi gelar kelima bagi Jordan. Bulls menyamakan kedudukan 2-2. Dalam gim 5 itu Bulls menyamakan membalik keunggulan dengan kemenangan 90-88. Bulls memastikan cincin juara di gim 6 setelah unggul 90-86.

“Bagi saya Flu Game adalah permainan paling ikonik sepanjang karier Michael Jordan. Pertandingan itu adalah tentang bertahan dan bangkit dalam keadaan sulit. Ini adalah sepatu yang paling penting dan paling berharga yang pernah dijual,” kata Ken Goldin, pemilik lelang Goldin.

Setelah gim itu Jordan memberikan sepatu yang telah ia tandatangani tersebut kepada ball boy Preston Truman. Pada 2013 lalu atau 15 tahun setelah mendapat sepatu “Flu Game” itu, Truman mengirimnya ke Grey Flannel Auctions. Kemudian sepatu itu terjual dengan harga AS$104 ribu.

Sepuluh tahun kemudian harga sepatu “Flu Game” naik 1,200 persen. Tetapi harganya yang terjual saat ini masih jauh dari rekor harga sepatu lelang termahal. Rekor itu masih dimiliki oleh sepasang Air Jordan XIII Breds yang dikenakan sang legenda pada final NBA “Last Dance” 1998. Sepatu itu terjual dengan harga AS$2,238 juta pada April lalu. (rag)

Foto: ESPN, Sporting News

Komentar