IBL

Playoff NBA musim ini menyita perhatian. Tidak salah jika playoff musim ini menjadi yang terbanyak ditonton dalam kurun waktu lima tahun terakhir. ABC, ESPN, dan TNT mencatat rata-rata 5,47 juta penonton playoff NBA 2023.

“Gim-gim NBA menyumbang sembilan dari 10 program yang paling banyak ditonton di semua televisi sejak awal Mei. Sebanyak 15 dari 20 program yang paling banyak ditonton dengan pemirsa di bawah 50 tahun sejak awal April,” tulis NBA dalam situs resminya.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan tersebut. Waralaba dengan pasar yang besar lolos ke playoff. Sebut saja semifinal wilayah Barat yang mempertemukan Los Angeles Lakers vs Golden State Warriors.

Kemudian ada New York Knicks, Boston Celtics, Philadelphia 76ers, dan Phoenix Suns yang bertarung di playoff. Mereka merupakan tim-tim yang memiliki pemain bintang. Termasuk Most Valuable Players (MVP) dalam 12 musim terakhir yaitu LeBron James, Kevin Durant, Stephen Curry, Russell Westbrook, James Harden, Giannis Antetokounmpo, Nikola Jokic, dan Joel Embiid.

Namun, Denver Nuggets dan Miami Heat, yang lolos final NBA 2023 itu memiliki pasar yang lebih kecil. Menurut Nielsen, secara keseluruhan seri final tersebut memiliki rata-rata 11,6 juta penonton.

“Nuggets-Heat hanya berhasil mengungguli Cleveland Cavaliers yang menyapu bersih San Antonio Spurs pada 2007 dengan 9,29 penonton dan final Spurs vs New Jersey Nets pada 2003 (9,86 juta),” tulis laporan Anthony Crupi di Sportico.

Tetapi pada gim 5 final NBA 2023 antara Denver Nuggets dan Miami Heat menembus rata-rata 13,038 juta pentonton. Ini menjadi gim yang paling banyak ditonton musim ini. Jumlah itu lebih banyak dibanding Final NBA 2022 antara Golden State Warriors vs Boston Celtics dengan rata-rata 12,4 juta pentonton. (rag)

Foto: CBS Sports

Komentar