IBL

Untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir, Los Angeles Lakers tidak menempati peringkat teratas untuk penjualan tiket pertandingan. Situs penjualan tiket pertandingan NBA StubHub membeberkan data bahwa di awal musim ini, penonton lebih banyak memesan tiket New York Knicks. Penjualan tiket tim asuhan Tom Thiboedau tersebut naik tiga kali lipat dibanding musim lalu. 

Juru bicara StubHub, Adam Budelli kepada New York Times mengatakan kalau saat ini penjualan tiket pertandingan mengalami lonjakan hingga 56 persen. Ada lima tim yang dikategorikan sebagai tim yang ingin disaksikan penonton. Ini dilihat dari permintaan tiket pertandingan musim 2022-2023. Meski gagal mendaratkan Donovan Mitchell, namun Knicks dengan bintang barunya, Jalen Brunson, menduduki peringkat teratas. 

Pemesanan tiket pertandingan Knicks naik tiga kali lipat dibanding musim lalu. Sementara di posisi kedua ada Los Angeles Lakers, yang turun kasta. Karena mereka selalu memimpin penjualan tiket pertandingan dalam lima tahun terakhir. Toronto Raptors ada di urutan ke-3 dalam daftar tim yang tiketnya paling laris. Sedangkan untuk melengkapi lima besar daftar ini, ada Boston Celtics dan Golden State Warriors. 

"Dengan pencabutan pembatasan covid-19, maka berdampak besar pada penjualan tiket. Saya rasa semua tim punya tren yang sama. Hanya saja ada sedikit perubahan di pertingkat teratas. Kami di StubHub mencatat bahwa New York Knicks mengalami lonjakan yang signifikan, sedangkan Lakers mengalami penurunan," ujar Adam Budelli. 

StubHub juga mencatat data yang menarik. Knicks mengalami kenaikan karena pembatasan covid-19 yang sudah dicabut. Sehingga semua penggemar di kota tersebut berbondong-bondong untuk menyaksikan pertandingan NBA secara langsung. Tapi ada pula tim yang mengalami kenaikan dalam persentase penjualan tiket pertandingan. Ini terjadi pada Cleveland Cavaliers dan Golden State Warriors. Kenaikannya sampai di atas 100 persen. 

Selanjutnya, lebih mengerucut lagi. Ada 10 pertandingan yang paling banyak dipesan tiketnya. Di peringkat pertama ada pertandingan New York Knicks melawan Golden State Warriors yang diselenggarakan pada 20 Desember 2022. Di tempat kedua ada Lakers melawan Clippers di tanggal yang sama. Sementara Warriors dan Lakers tanggal 18 Oktober 2022, atau malam pembukaan musim baru ada di peringkat kelima. Meski menarik, namun tiket laga pertama musim 2022-2023 menempati rekor penjualan tiket pertandingan paling mahal sepanjang sejarah NBA. (*)

Foto: Daily Knicks

Komentar