IBL

Pertandingan Bucks melawan Golden State Warriors di Milwaukee, sempat diwarnai ketegangan. Bukan antara pemain, melainkan Draymond Green dengan salah satu penonton yang hadir di Fiserv Forum, pada hari Rabu, 15 Desember 2022, waktu Indonesia. Draymond Green merasa terancam, sehingga penonton tersebut diusir dari kursinya. 

Waktu pertandingan menunjukkan kurang dari lima menit di kuarter ketiga. Saat itu, Bucks memimpin 23 poin. Lalu, pertandingan terhenti karena perselisihan verbal antara Green dengan seorang penonton. Green melaporkan itu kepada wasit, dan segera mendapatkan respons dari petugas keamanan di dalam arena. 

"Saya merasa terancam dengan penonton tersebut. Saya hanya memberi tahu petugas, dan petugas yang memutuskan dia harus keluar dari arena atau tidak," kata Green usai pertandingan. 

Pertandingan ini akhirnya dimenangkan oleh Bucks dengan skor 128-111, yang menjadi kekalahan tandang untuk kesekian kalinya bagi Warriors. Setelah pertandingan, kepala komunikasi Milwaukee Bucks, Barry Baum memberikan penjelasan kepada media. "Itu kebijaksanaan wasit. Tetapi kami akan menyelidiki kasus ini, dan berkonsultasi dengan NBA," katanya, dikutip dari USA Today. 

Green juga mendapatkan denda dari NBA lantaran terlibat perselisihan dengan penggemar saat pertandingan. Green didenda 25 ribu dolar Amerika. Ini terjadi saat Warriors bertandang ke markas Dallas Mavericks, pada 29 November 2022. Jadi ini kasus kedua yang melibatkan Green dan penggemar dalam dua minggu terakhir. 

Menanggapi kasus ini, rekan Green, Stephen Curry sangat menyayangkan sikap penggemar. Mereka seperti memanfaatkan jarak atau kedekatan dengan lapangan agar bisa mengganggu pemain. "Kami tahu, para penggemar membayar uang hasil jerih payah mereka untuk menonton kami. Seharusnya ada rasa hormat yang ditunjukkan," kata Curry. 

Sebaliknya, bintang Bucks, Giannis Antetokounmpo mencoba untuk tidak memihak. Pemain asal Yunani tersebut tahu situasinya. Namun dia tidak mendengar secara jelas percakapan antara Green dengan penonton tersebut. Namun Giannis mengatakan bahwa pemain punya mekanisme untuk menghadapi situasi tersebut. 

"Sebagai pemain, kami berhak untuk melaporkan apa saja kepada wasit. Terutama keluhan soal penonton. Memang tidak masalah ketika ada penonton yang berkata buruk kepada kami. Namun kalau itu sudah mengganggu konsentrasi, kami punya mekanisme untuk mengatasi situasi ini. Itu bagus," kata Giannis. 

Akhir-akhir ini, masalah pemain dengan penonton kembali mencuat. Sebelum Green dengan penonton di Dallas, juga terjadi pertengkaran verbal antara Russell Westbrook dengan penggemar, pada 2 Desember 2022. Ironisnya, Westbrook juga berselisih dengan penonton yang hadir di kandang Milwaukee Bucks. (*)

Foto: nba.com

Komentar