IBL

Miami Heat akan tampil di Final NBA ketujuh dalam sejarah klub, dan kedua sejak tahun 2020. Sebagian besar pemain inti Heat sudah ada sejak tiga tahun lalu, ketika mereka kalah dari Los Angeles Lakers dalam enam pertandingan di "bubble" Orlando. Namun yang menarik untuk dibahas adalah keberadaan dua pemain veteran dalam roster musim ini, yaitu Kevin Love dan Kyle Lowry. 

Miami Heat mengalahkan Boston Celtics untuk melaju ke Final NBA. Heat telah menjadi salah satu kisah underdog hebat dalam sejarah NBA karena hanya ada dua tim peringkat kedelapan (New York Knicks dan Miami Heat), yang berhasil sampai ke Final NBA. Jimmy Butler telah menjadi bintang pertunjukan untuk Miami, tetapi ada pemain veteran yang akan tampil untuk kelima kalinya di Final NBA. Dia adalah Kevin Love, yang bergabung dengan Heat setelah pembelian dari Cleveland Cavaliers awal tahun ini. 

Love akan berusia 35 tahun. Dia semakin jarang bermain di musim reguler. Tapi kalau Love ada di playoff, dia punya keberuntungan untuk membawa tim tersebut sampai ke Final NBA. Lova tampil di playoff NBA lima kali, dan lima kali pula dia sampai ke Final NBA, dengan satu gelar juara. 

Foto: Bleacher Report

Love adalah bagian dari "Big Three" Cleveland Cavaliers bersama LeBron James dan Kyrie Irving, yang mengalahkan Golden State Warriors dalam tahun 2016. Dia turun secara signifikan dalam mencetak poin, tetapi untuk pertahanan, dia terbukti bisa mereduksi Steph Curry di gim ketujuh Final NBA 2016. Meski Cavs kalah di Final NBA 2017 dan 2018 setelah Golden State mengakuisisi Kevin Durant, tetap saja, Love adalah kontributor yang solid dan rekan setim terbaik kedua James ketika Irving pergi. 

Setiap kali Love lolos ke babak playoff, timnya melaju ke Final NBA. Cavs membuat empat kali Final NBA berturut-turut dari 2015-2018, dan Heat telah melaju ke Final tahun ini. Melalui empat penampilan Final, Love memiliki satu cincin juara. Love adalah kebalikan dari Chris Paul. Karena CP3 tampil dalam 15 kali playoff, tapi hanya sekali mencapai Final NBA di tahun 2021. Jadi ada pendapat yang berkembang di media sosial yang menyatakan bahwa, "kalau tim ingin ke Final NBA, maka masukkan Kevin Love."

Foto: nba.com

Sementara itu, menurut Jayden Armant adalah kontributor Inside the Heat, selain Kevin Love ada juga Kyle Lowry. Dia adalah pemain yang berhasil membawa Toronto Raptors ke Final NBA 2019 dan mendapatkan gelar juara. Love dan Lowry bukanlah pemain seperti dulu, tapi masih bisa membawa pengalaman juara untuk melawan Denver Nuggets. (*)

Foto: Miami Herald

Komentar