IBL

Denver Nuggets semakin dekat dengan gelar juara perdana mereka. Di Gim 4, masih di kandang Miami Heat, Nuggets menang 108-95, Jumat (9/6), waktu setempat Tidak ada keunggulan untuk Heat selepas kuarter dua. 

Jika di gim-gim sebelumnya Nuggets mendominasi gim lewat akurasi dan rebound, kali ini rebound mereka kalah, namun sisi turnover berhasil mereka redam. Nuggets hanya membuat 6 turnover sedangkan Heat 15 kali. 

Pusat permainan memang masih ada di Nikola Jokic dan Jamal Murray. Keduanya mencetak dobel-dobel. Jokic 23 poin, 13 rebound, dan 4 asis, sedangkan Murray 15 poin dan 12 asis. Murray jadi pemain pertama dalam sejarah final NBA yang mencetak 10+ asis di setiap gim dalam empat gim pertamanya. Pun begitu, performa serangan keduanya sejatinya tak cukup efektif seperti biasanya. 

Efektivitas justru hadir dari barisan pemain pendukung. Aaron Gordon jadi top skor tim dengan 27 poin, 6 rebound, 6 asis dari 11/15 tembakan (73 persen). Bruce Brown menyusul dengan 21 poin hasil dari 8/11 tembakan (73 persen). Keduanya mengombinasikan 6/9 tripoin. Jumlah poin Gordon dan Brown (48 poin) hanya berjarak 2 poin dari jumlah poin seluruh pemain Heat (50 poin) selain Bam Adebayo dan Jimmy Butler. 

"Hari ini para pemain berhasil memberi kontribusi, utamanya saat Jokic terkena foul trouble dan Heat mulai mengejar. Selama Playoffs ini, saya senang sekali dengan kontribusi para pemain saat Jokic sedang tidak di lapangan. Pemain bergantian untuk berkontribusi. Sekarang kita harus fokus lagi dengan memenangkan Gim 5," ujar kepala pelatih Nuggets Michael Malone.

Bam dan Jimmy masih jadi tumpuan. Bam dobel-dobel 20 poin 11 rebound, sementara Jimmy 25 poin , 7 rebound, 7 asis. Kyle Lowry berjuang dengan sekuat tenaga melalui sumbangsih 13 poin 7 asis. Kevin Love dan Duncan Robinson masing-masing 12 poin, sementara Caleb Martin 11 poin. 

"Para pemain boleh bersedih malam ini dan mungkin juga tidak tidur. Tapi itu cukup hari ini saja karena final belum berakhir, kami belum selesai. Sekarang kita butuh terbang ke Denver dan memenangkan gim kelima," komentar kepala Pelatih Heat Erick Spoelstra tentang persiapan ke Gim 5.

Gim sendiri akan digelar di kandang Denver, tulat. 

Foto: Rocky Padila 

 

Komentar