IBL

Setelah Miami Heat kalah dari Denver Nuggets di Gim 1 Final NBA 2023, Jimmy Butler mengakui bahwa dirinya kurang agresif. Butler hanya mencetak 13 poin dalam kekalahan 93-104 di Denver, Kamis (2/5) waktu setempat. Meski begitu, Butler masih menambahkan tujuh rebound dan tujuh asis di laga tersebut. 

Butler yang mendapatkan gelar MVP Final Wilayah Timur memang tampil lebih tenang. Dalam wawancara setelah pertandingan, pemain 33 tahun ini menjelaskan apa yang terjadi di lapangan. "Saya selalu melihat rekan setim. Saya percaya dan yakin mereka bisa mengambil keputusan dan membuat tembakan. Namun kalau tidak bisa, mereka akan membuat situasi berikutnya. Begitulah cara kami bermain sepanjang musim. Itu tidak akan berubah, meski kami bermain di final."

Butler menyelesaikan laga dengan hanya mencetak 13 poin pada 6 dari 14 tembakan dari lapangan. Heat menembak 40,6 persen dari lapangan, dan 33,3 persen dari jarak tiga poin. Jarak terdekat yang bisa mereka capai di kuarter keempat hanya sembilan poin. 

Butler juga menilai performanya sendiri selama gim pertama. Dia melihat bahwa ada yang kurang, khususnya upaya memasukkan bola dari area kunci. Seharusnya, itu sudah menjadi tugasnya. Ke depan, Butler berjanji akan lebih agresif. 

"Mungkin saya harus lebih agresif. Saya harus memberi tekanan pada area kunci. Karena jumlah tembakan gratis yang saya dapatkan kurang. Jadi saya tidak akan menyalahkan orang lain. Kami akan bangkit di pertandingan berikutnya, dan khususnya saya, harus bisa bermain lebih agresif lagi," ungkapnya. 

Butler juga berkomentar soal taktik yang dipakai lawan. Menurutnya, Heat gagal menyamai permainan Nuggets yang lebih mengandalkan fisik. Sehingga mereka bisa mencetak lebih banyak poin dari area kunci. Kalau memang demikian, Butler akan merespons dengan cara yang sama. Dia berjanji akan menampilkan permainan yang berbeda di gim kedua. 
Apa yang mungkin memprihatinkan adalah kurangnya agresivitas khas Butler yang membantu Heat mendominasi playoff. Seorang "penyihir" untuk mencapai garis lemparan bebas, dia tidak melakukan satu upaya pun dari sana pada gim pertama. Heat akan kembali bermain di Denver, untuk Gim 2 Final NBA 2023, pada hari Minggu (4/5) waktu Amerika Serikat. (*)

Foto: Bleacher Report

Komentar