IBL

Denver Nuggets selangkah lagi menuju final NBA perdana dalam sejarah organisasi mereka, Sabtu (20/05), waktu setempat. Kepastian ini didapat setelah Nuggets memenangkan Gim 3 Final Wilayah Barat 119-108 atas Los Angeles Lakers. 

Selama tiga gim ini, Nuggets seolah membawa Lakers ke dalam ujian tersulit mereka di Playoff atau mungkin sejak batas pertukaran pemain lalu. Di setiap gim, Nuggets membawa pertanyaan-pertanyaan yang tak bisa dijawab oleh Lakers. 

Gim 1 ada Nikola Jokic dengan tripel-dobel. Gim 2 Jamal Murray yang panas. Kali ini, ada hujan 17 tripoin dengan akurasi 41 persen (41 percobaan) yang menghabisi Lakers. Tujuh pemain rotasi utama Nuggets memasukkan setidaknya satu tripoin. Pertahanan Lakers kocar-kacir untuk mencari jawaban siapa yang harus mereka lepas saat mereka harus melakukan dobel team kepada seorang Jokic. 

Jokic sendiri sejatinya tampil santai dengan 24 poin, 6 rebound, dan 8 asis. Hari ini, Jamal kembali menyulitkan Lakers di paruh pertama dengan mencetak 30 dari keseluruhan 37 poinnya. Jamal juga menambahkan 7 rebound dan 6 asis. 

Kentavious Caldwell-Pope tampak nyaman di Crypto.com Arena dengan 17 poin dari 4/7 tripoin. Bruce Brown tetap solid 15 poin, 5 rebound, 5 asis dari bangku cadangan sementara Michael Porter Jr. dobel-dobel 14 poin, 10 rebound, plus 6 asis. 

Gim sebenarnya tak berjalan mudah. Lakers masih sempat unggul dua poin di kuarter empat. Namun, Nuggets dengan kolektivitas mereka lantas berlari (13-0) yang membuat laga berakhir lebih cepat untuk Lakers. 

Anthony Davis memimpin Lakers dengan dobel-dobel 28 poin dan 18 rebound. LeBron James juga dobel-dobel 23 poin, 7 rebound, dan 12 asis. Austin Reaves adalah bantuan terbesar untuk LeBron dan Davis dengsn 23 poin, 7 rebound, plus 5 asis dari 7/10 tembakan. Rui Hachimura melengkapi daftar dengan 13 poin, 6 rebound. 

Tidak ada satupun tim yang pernah bangkit dan lolos ke babak selanjutnya dari situasi tertinggal 3-0. Di lain sisi, ini juga jadi kekalahan kandang pertama Lakers di playoff musim ini. Gim 4 akan digelar lusa. (DRMK)

Foto: NBA 

Komentar