IBL

Phoenix Suns menyamakan kedudukan atas Los Angeles Clippers, Selasa (18/4), waktu setempat. Setelah kecolongan Gim 1, Suns tampil lebih solid di Gim 2. Gempuran tripoin Devin Booker dan Torrey Craig membawa Suns menang 123-109. 

Usai hanya memasukkan 6/19 tripoin di gim sebelumnya, hari ini Booker dan Craig mengombinasikan 9 dari total 10 tripoin masuk Suns. Lebih hebat lagi, 10 tripoin tersebut masuk dari 24 percobaan (41 persen). 

Booker menutup laga sebagai pencetak angka terbanyak dengan 38 poin dan 9 asis. Secara keseluruhan, Booker memasukkan 64 persen tembakannya (14/22). Craig mengakhiri gim dengan 17 poin, catatan tertinggi sepanjang kariernya di playoff. 

Kevin Durant menambahkan 25 poin, 6 rebound, dan 5 asis. Deandre Ayton dobel-dobel 14 poin plus 13 rebound, sementara Chris Paul membukukan 16 poin plus 8 asis. Total rotasi pemain Suns hari ini adalah delapan pemain dengan hanya sumbangsih 13 poin dari bangku cadangan. 

Catatan 110 poin oleh barisan starter Suns berhasil menyamai torehan tertinggi dalam sejarah tim pada 2006. Kala itu, di bawah asuhan Mike D'Antoni dan dipimpin Steve Nash, starter Suns juga mencetak 110 poin melawan Dallas Mavericks di Final Wilayah Barat. 

Dari Clippers, Russell Westbrook dan Kawhi Leonard menyumbangkan lebih dari separuh poin Clippers. Kawhi 31 poin, 8 rebound, dan 7 asis, sedangkan Westbrook 28 poin, 5 rebound, plus 5 asis. 

Seperti gim sebelumnya, Clippers lebih banyak melakukan rotasi pemain dengan sembilan pemain. Namun, hari ini peran barisan pendukung tidak cukup untuk membantu kemenangan. Norman Powell dan Eric Gordon masing-masing 12 poin, sementara Terance Mann 10 poin. 

Kesulitan utama Clippers di gim hari ini adalah antisipasi dalam situasi pick n roll yang melibatkan Ivica Zubac. Sepanjang gim, Zubac melakukan drop coverage yang dieksploitasi oleh Booker dan CP3, baik menjadi angka untuk mereka atau memfasilitasi rekan-rekannya. 

Di lain sisi, Clippers tidak kehilangan agresivitas mereka dalam menyerang. Catatan 12 offensive rebound yang berujung 21 second chance points adalah salah satu kunci Clippers menyulitkan kemenangan Suns hari ini. 

Skor imbang 1-1. Gim 3 & 4 akan digelar di kandang Clippers mulai lusa. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar