IBL

Sacramento Kings mengakhiri puasa panjang mereka berlaga di Playoff. Kepastian ini mereka dapatkan usai mengalahkan Portlan Trail Blazers 120-80. Ini adalah kali pertama Kings lolos ke playoff sejak 2006. Kegagalan mereka dalam 16 tahun ini adalah kegagalan terburuk dalam sejarah NBA, mengalahkan sebelumnya oleh Minnesota Timberwolves. 

(Baca juga: Sacramento Kings Akhirnya ke Playoff Lagi Setelah 16 Tahun)

Tak sekadar lolos ke playoff dan mengakhiri nestapa mereka dalam 16 tahun terakhir, Kings juga kini bersaing di papan atas klasemen sementara Wilayah Barat. Rekor menang-kalah mereka sekarang 46-30 dan menempatkan tim asuhan Mike Brown ini di peringkat tiga.

Mereka berjarak dua kemenangan dengan peringkat dua, Memphis Grizzlies. Dengan sisa enam laga di musim reguler, masih ada kesempatan untuk Kings merangsek ke dua besar dan mendapatkan posisi lebih baik di playoff. 

Melihat situasi yang luar biasa ini, forwarda Kings, Domantas Sabonis pun angkat bicara. Menurutnya, Kings memang layak atas pencapaian mereka musim ini dengan banyaknya perubahan yang terjadi di organisasi mereka. Di lain sisi, ia juga memberikan kredit kepada salah satu faktor penting keberhasilan musim ini yakni para penggemar. 

"Ini semua untuk para penggemar yang luar biasa," buka pemain yang akrab disapa Domas ini kepada ESPN. "Mereka adalah satu pihak yang terus mendorong kita, memberikan dukungan di laga kandang bahkan sekarang sampai laga tandang. Di sini (Portland), kami mendengar dukungan "Light the Beam", ini luar biasa," pungkasnya. 

(Baca juga: Sabar Bangun Beam Team!)

Ya, "Light the Beam" adalah kalimat yang menjadi slogan utama para pendukung Kings musim ini dan tampaknya kalimat ini pun berhasil jadi mantra yang bagus untuk keberhasilan tim. Di lain sisi, seperti kata Domas, para pendukung Kings yang sabar dalam 16 tahun terakhir ini memang selayaknya mendapatkan kredit. Rangkaian kegagalan, keputusan manajemen dan pelatih yang buruk. pemilihan pemain di NBA Draft yang tak kunjung berhasil. dan akhirnya ditebus dengan baik oleh keberhasilan musim ini, mereka layak mendapat kredit besar. 

Kini, dengan komposisi yang ada Kings tak hanya lolos ke playoff, mereka juga sangat mungkin menggaggu tim-tim papan atas Wilayah Barat dalam beberapa musim terakhir. Seberapa jauh Kings akan melangkah di playoff mungkin masih akan menajdi misteri besar. Namun, dengan pencapaian musim ini, rasanya ini adalah modal yang bagus untuk terus membaik di beberapa musim ke depan. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar