IBL

Penantian panjang itu akhirnya usai. Sacramento King memastikan diri ke playoff. Ini menjadi playoff pertama mereka setelah paceklik selama 16 tahun. Kepastian itu didapat setelah Kings melibas Portland Trail Blazers 120-80 pada Rabu (29/3) di Moda Center, Oregon.

“Kami ingin memberi (para penggemar) lebih dari yang telah kami berikan sejauh ini karena mereka lebih pantas mendapatkannya. Memiliki basis penggemar yang cerdas, tidak hanya bersemangat untuk tim tapi juga kota mereka, ini adalah hal yang membanggakan,” tutur Mike Brown, pelatih Kings usai pertandingan.

“Kami ingin memberikan segalanya untuk mereka dan bersemanangan karena dukungan mereka. Kami ingin mereka merayakannya tetapi kami juga berharap bisa memberikan mereka lebih dari ini (lolos playoff),” lanjut Brown.

Pada gim tersebut, Kings mantap mengunci keunggulan di awal kuarter kedua. Dari bangku cadangan Malik Monk memberikan 19 poin, 6 rebound, dan 6 asis. Ruki Keegan Murray mencetak tripoin ke-188 musim ini di kuarter ketiga. Ia melewati rekor Donovan Mitchell yang membuat 187 tripoin pada 2017-18. Murray menyelesaikan gim dengan 13 poin dan 5 rebound dengan total 3/7 tripoin.

De’Aron Fox menambah 18 poin dalam kemenangan penting Kings tersebut. Kevin Huerter membuat 7/14 tembakan, identik dengan Fox, dan meraih 17 poin. Domantas Sabonis mencapai dobel-dobel 15 poin dan 12 rebound selama 26 menit.

“Tujuan kami bukan hanya playoff. Kami juga ingin seperti tim yang lain. Mari mencoba untuk memenangkan kejuaraan seperti yang lainnya. Itulah kenapa kami melakukan ini tidak tidak menetapkan standar terlalu rendah sebagai sebuah tim. Kami mulai menanamkan kepercayaan itu sejak awal dan menjadi fokus besar saya,” kata Brown.

Kings menjadi tim olahraga terlama di Amerika Serikat yang tidak lolos ke playoff. Mereka terakhir lagi merasakan babak playoff pada musim 2005-06. Pada musim tersebut mereka menempati unggulan kedelapan Wilayah Barat (44-38). Perjalanan Kings berakhir setelah kalah 2-4 dari San Antonio Spurs kala itu.

Saat ini Kings masih menduduki unggulan ketiga (46-30) klasemen sementara di bawah Denver Nuggets (51-24) dan Memphis Grizzlies (48-28). Sebenarnya Kings memiliki kesempatan awal mengunci playoff pada Senin (27/3) lalu. Tapi mereka malah kalah dari Minnesota Timberwolves 115-119. (rag)

Foto: NBA

Komentar