IBL

RJ Amartha Hangtuah Jakarta mendapatkan kemenangan pertamanya di Seri Semarang. Mereka mengalahkan Elang Pacific Caesar Surabaya 85-71 pada Senin (13/3) di Knights Stadium. Ini juga menjadi kemenangan pertama Hangtuah dalam tiga gim terakhir.

Kemenangan ini membuat mereka masih menjaga asa untuk lolos ke playoff. Saat ini Hangtuah menempati posisi kesembilan klasemen sementara dengan rekor 7-11, Karena Indonesia Patriots tidak ikut playoff, otomatis posisi Hangtuah akan naik.

Tetapi posisi tersebut masih rawan. Mereka akan bersaing ketat dengan Bali United Basketball dengan rekor 7-10 dan West Bandits Solo yang memiliki rekor 7-9. Di sisi lain kekalahan ini makin memperberat posisi Elang Pacific yang telah menelan tujuh kekalahan beruntun.

Dalam gim tersebut defense kedua tim sama-sama buruk. Hangtuah mencetak 33/64 tembakan dengan 44 poin dari paint area. Sedangkan Elang Pacific hanya bisa membuat 29/74 tembakan.

“Kemenangan kali ini karena dalam dalam gim kami stay together. Dari gim pertama kalah dari Prawira Harum Bandung. Ini membuat kami harus bisa bangkit dan memberi perlawanan balik,” ujar garda veteran Hangtuah Kelly Purwanto usai pertandingan, Kelly bermain hampir 30 menit dan memberikan 12 poin, 6 rebound, dan 6 asis.

Raihan poin Hangtuah juga merata. Dari 85 poin yang dicetak hari ini, sebanyak 43 poin berasal dari bangku cadangan. Ronnie Boyce III tampil efektif dengan mencetak 18 poin dari 7/12 tembakan. Scott Sill II membuat 15 poin dan 8 rebound. Ia juga memasukkan 3/7 tripoin. Stevan Neno mengemas 11 poin termasuk dari 4/6 tembakan gratis.

Morakinyo Williams menjadi topskotr gim ini. Ia membukukan 21 poin dan 7 rebound. Aven Pratama nyaris dobel-dobel dengan 15 poin dan 9 rebound. Dari bangku cadangan Christopher Barnes menambah 11 poin dan 4 rebound.

Hangtuah akan berjuang mempertahankan posisi dengan mengalahkan Tangerang Hawks Basketball Club pada lusa. Sedangkan laju Elang Pacific menemui tantangan berat karena mereka akan bertemu dengan Prawira. (rag)

Foto: IBL/Hariyanto

Komentar