IBL

Russell Westbrook meraih kemenangan ketiganya dengan Los Angeles Clippers. Mereka membungkam New Yorks Knicks 106-95 pada Sabtu (11/3) di Crypto.com Arena, Los Angeles. Pada gim tersebut, Westbrook resmi menjadi pencetak asis terbanyak kesembilan.

Westbrook menyumbang 7 poin, 5 rebound, dan 3 asis. Asis ketiga Westbrook tersebut membantu layup Paul George di pertengahan kuarter ketiga.Bermain pada musim ke-15, Westbrook telah mencatat 9062 asis. Ia menggeser posisi legenda Detroit Pistons Isiah Thomas dengan 9061 asis.

Dalam gim tersebut, Kawhi Leonard memimpin dengan 38 poin. Disusul Paul George 22 poin, 8 rebound, dan 8 asis. Eric Gordon 10 poin dan 8 rebound.

Selisih angka pada peringkat asis terbanyak memang tipis di beberapa tempat. Ada kesempatan Westbrook menaikkan posisinya. Sebab, posisi kelima sampai kedelapan dihuni oleh pemain yang sudah pensiun.

Steve Nash di posisi kelima memiliki catatan 10335 asis. Posisinya itu beberapa waktu lalu digeser oleh LeBron James (10371). Disusul Mark Jackson dengan 10334 asis. Lalu Oscar Robertson dengan 98867 asis.

Westbrook yang berada di posisi kesembilan itu terpaut 800 asis di belakang Robertson. Tetapi hanya sampai disitu saja kemungkinan Westbrook menaikkan posisi. Masih ada Chris Paul di peringkat ketiga (11396) yang bersaing dengan LeBron untuk mencapai asis terbanyak. Untuk posisi asis terbanyak masih dipegang oleh John Stockton dengan 15806 asis. Disusul Jason Kidd di peringkat kedua dengan 12091 asis.

Upaya Westbrook untuk mengumpulkan jumlah asis tergantung peran yang diberikan Clippers di musim berikutnya. Westbrook rata-rata tampil dalam 29,5 menit dengan 13,3 poin, 3,9 rebound, dan 7,5 asis. Dari delapan gim yang telah dimainkan, Westbrook baru dua kali menjadi starter.

Ini menjadi kemenangan ketiga beruntun Clippers. Westbrook putus kontrak dari Utah Jazz setelah ditukar dari Los Angeles Lakers pada Februari lalu. Ia telah bermain dalam delapan gim. Sayangnya, dari delapan gim itu, lima gim awal Clippers mengalami kekalahan.

Saat ini tujuan Westbrook untuk membawa Clippers meraih gelar. Peluang cukup terbuka mengingat Clippers menempati posisi kelima (36-33) klasemen sementara Wilayah Barat. Jika tidak pun, Westbrook bisa tetap berada di posisi kesembilan asis terbanyak hingga akhir karirnya. (rag)

Foto: NBA

Komentar