IBL

Pada tahun 2018, AND1 merilis ulang "Tai Chi" dalam acara ComplexCon di Long Beach, California. AND1 Tai Chi yang ikonik telah mendapatkan ketenaran dan pujian hampir dua dekade sebelumnya, saat Vince Carter memakainya untuk Kontes NBA Slam Dunk tahun 2000. Sepatu AND1 telah menjadi item koleksi sejak saat itu. Setelah sekian lama menghilang dari persaingan pasar sepatu basket, kini AND1 berniat kembali lagi. 

Perilisan ulang Tai Chi dipelopori oleh legenda NBA dan AND1 Kevin Garnett, yang kembali ke AND1 untuk peringatan 25 tahun merek tersebut sebagai direktur kreatif dan duta global. Garnett tetap menjadi salah satu pemain NBA yang paling dikenal selama 25 tahun terakhir, sering terlihat di TNT selama siaran langsung NBA. Tampaknya, Garnett menyiapkan strategi penjualan baru, dan siap bersaing di pasar pada tahun 2023. Mereka meluncurkan beberapa sepatu ikonik, dan salah satunya yang bakal muncul adalah AND1 Rise. Sepatu yang pernah terkenal karena dipakai oleh Chauncey Billups.

Belum ada detail resmi soal AND1 Rise baru ini. Tetapi dalam akun instagram merek tersebut diunggah dua sepatu. Salah satunya diberi kalimat "Return to Rise Again". 

AND1 dimulai pada musim panas 1993 di Philadelphia sebagai proyek sekolah pascasarjana Jay Coen Gilbert, Seth Berger, dan Tom Austin yang menjual kaos dari kursi belakang mobil mereka. Merek ini didirikan dengan sikap agresif, street ball, in-your-face menggunakan slogan-slogan basket di kaos. Merek AND1 memulai dengan cepat saat kaos dijual ke Foot Locker dan mencapai 1.500 toko di seluruh Amerika Serikat pada tahun kedua. 

AND1 dengan cepat menjadi pilar dalam budaya bola basket sepanjang awal 90-an dan 2000-an. Stephon Marbury menjadi atlet NBA pertema merek ini. Kemudian siluet sepatu basket yang paling terkenal dari merek ini adalah milik Chauncey Billups, legenda Detroit Pistons ini mulai memakainya tahun 2004. Sampai sekarang AND1 masih identik dengan anak basket jalanan. Karena mereka juga membangun bisnis ini dari jalanan. Namun tampaknya di tengah ramainya pasar sepatu basket di NBA, AND1 ingin kembali terjun ke sana. (*)

Foto: SCP Auctions

 

Komentar