IBL

Belum ada kemenangan untuk Satya Wacana Salatiga. RANS PIK Basketball memberikan kekalahan ketujuh untuk Satya Wacana.

Dalam pertandingan lanjutan Seri 2 IBL 2023 yang berlangsung di GOR Bimasakti Malang, Rabu (1/2), Rans menang 76-60. Hasil ini masih menempatkan Satya Wacana sebagai satu-satunya tim yang belum merasakan kemenangan di IBL 2023.

Hanya Shemar Dearies Johnson yang mencetak dua digit poin untuk Satya Wacana. Itupun dengan akurasi (FG) hanya 33 persen. Johnson mencetak 20 poin dan 7 steal.

Rans sedikit lebih agresif. Mereka berhasil memaksakan 19 turnover pada Satya Wacana dan memetik 25 poin setelahnya. Rans juga unggul di offensive rebound serta mampu memasukkan 13 poin dari kesempatan serangan kedua.

"Pada gim hari ini tembakan kami bagus, defense kami bagus. Walaupun Johnson bisa cetak 20 poin, kami bisa reduce poin lainnya," kata Bambang Asdianto, Kepala Pelatih Rans dalam konferensi pers setelah gim.

Satya Wacana sebenarnya hanya melakukan lima kali turnover di babak kedua. Sangat jauh berbeda dengan dua kuarter pembuka di mana mereka melakukan 14 kali turnover. Masalahnya, reduksi turnover berbanding terbalik dengan akurasi tembakan yang malah menjadi tidak lebih baik. Pada akhir kuarter kedua, Satya Wacana memasukka 42,1 persen dari total tembakannya. Angka ini menjadi hanya 35 persen dari tembakan-tembakan di babak kedua.

"Semua pemain telah berusaha yang terbaik dan saya bersyukur dengan hasilnya karena kita bisa menyelesaikan pertandingan kali ini," ungkap Jerry Lolowang, Kepala Pelatih Satya Wacana selepas pertandingan. "Satu dua pemain cedera, jadi kita mengalami beberapa kesulitan. Sebelum memasuki pertandingan juga beberapa pemain kita belum benar-benar pulih, jadi kita hanya dapat bermain dengan delapan atau sembilan pemain."

Akeem Scott terlihat sangat aktif di lapangan dengan mencetak 14 poin dan 4 asis untuk Rans. Duom Dawam dan Althof Satrio masing-masing 11 poin. Rans sempat sangat wangi di tembakan tripoin, sebelum menutup gim dengan akurasi 35 persen (11/31 3pt.FG). Sebelumnya, di akhir kuarter kedua Rans memasukkan 8 dari 20 tembakan tripoin.

"Good start di seri kedua ini dengan tiga kemenangan yang kita peroleh. Tentunya ini bukan akhir dari segalanya, kita harus lebih baik lagi di seri-seri berikutnya," komentar pemain Rans Alexander Franklyn yang mencetak 9 poin dan 4 rebound.(*)

Foto: Hari Purwanto.

Komentar