IBL

Belum genap sehari pelaksanaan IBL 2021, sudah terjadi penundaan pertandingan. Laga antara Bank BPD DIY Bima Perkasa dan Satya Wacana Saints Salatiga terpaksa ditunda karena ditemukan satu pemain yang positif Covid-19. Penundaan ini sebagai tindakan pencegahan dari IBL. Karena mereka ingin memastikan di hari-hari berikutnya kasus yang sama tidak terulang lagi.

Pemain yang dinyatakan positif Covid-19 adalah Rachmad Febri Utomo dari Bima Perkasa. Pada dasarnya, Febri sudah menyerahkan dua hasil tes negatif sebelum memasuki gelembung (bubble) IBL di Robinson Cisarua Resort, Bogor, Jawa Barat. Namun pada Swab PCR ketiga, yang dilakukan saat masuk ke IBL Camp, Febri dinuatakan positif. Dia kini sudah melakukan isolasi mandiri. Sementara, seluruh pemain Bima Perkasa sudah menjalani tes ulang.

"Masih kami temukan beberapa kasus. Salah satunya Rachmad Febri Utomo ini, dan beberapa orang yang statusnya masih dalam pengawasan. Namun pada intinya masih dalam kategori terkendali," kata Junas Miradiarsyah selaku Direktur IBL dalam konferensi pers, Rabu siang.

Untuk pertandingan Bima Perkasa melawan Satya Wacana ini memang ditunda. Itu menjadi keputusan IBL atas rekomendasi tim dokter yang membantu kami.

"Pada dasarnya semua aman terkendali. Tapi karena ini kasus pertama, maka kami antisipasi. Kami tidak ingin kasus lagi untuk hari-hari berikutnya. Sebenarnya, Bima Perkasa bisa saja bermain, karena semua pemain, kecuali Febri, sudah dinyatakan negatif. Begitu juga dengan tim Satya Wacana. Tapi kami memutuskan untuk mengambil langkah antisipasi," jelas Junas.

Selain Febri, dua orang yang juga menunjukkan hasil positif adalah ofisial dari tim Satria Muda Pertamina Jakarta dan West Bandits Solo. Semua personil Satria Muda dan West Bandits juga sudah melakukan tes PCR lagi dan hasilnya negatif. Apa yang dilakukan IBL sudah sesuai dengan disiplin dan protokol kesehatan.

"Kasus-kasus memang ada, tetapi semua masih terkendali. Kami memiliki ruang isolasi mandiri juga ada dokter dan klinik 24 jam," imbuh Junas. "Kami ingin menyelesaikan kompetisi dengan baik. Penundaan gim adalah langkah antisipasi. Mitigasi protokol kesehatan kami jalankan dengan baik."

Jadwal baru juga sudah dibuat. Laga tersebut akan digelar pada 16 Maret mendatang. Sementara itu, untuk dua laga di hari pertama tidak ditunda. West Bandits Solo berhadapan dengan Amartha Hangtuah Jakarta, dan derby Surabaya antara Pacific Caesar dan Louvre Dewa United. (tor)

Foto: IBL Indonesia

Komentar