IBL

Indra Muhammad berhasil mencetak 22 poin untuk Bank BPD DIY Bima Perkasa, serta membungkus kemenangan atas Satya Wacana Saints Salatiga dengan skor 69-60, di Robinson Cisarua Resort, Bogor. Bima Perkasa menang dua laga beruntun, dan menjaga asa mereka lolos ke playoff musim ini. Sementara itu kemenangan tersebut membuat persaingan di Divisi Merah memanas.

Selain mencetak poin terbanyak, Indra juga menambahkan 3 rebound dan 2 steal. Akurasi tripoinnya juga bagus dengan enam tripoin dari 10 percobaan. Dari tim inti yang dipasang kepala pelatih David Singleton hanya Indra yang bisa mencetak poin digit ganda.

Sementara itu, dorongan pemain bangku cadangan Bima Perkasa kali ini sangat besar. Mereka bisa menyumbang 37 poin sepanjang pertandingan. Samuel Devin Susanto mencetak 15 poin, dan Rachmad Febri Utomo menambahkan 11 poin. Kemudian penguasaan paint area juga bagus berkat Galank Gunawan yang mencatatkan 13 rebound, 7 poin, dan 1 asis.

"Coach Dave sama sekali tidak mengubah strategi permainan meski kami sempat sengit dengan Satya Wacana di babak pertama. Karena kami lebih disiplin, maka di babak kedua bisa unggul," kata Indra Muhammad, dalam wawancara setelah pertandingan.

Jalannya pertandingan memang seru. Di kuarter pertama, Bima Perkasa hanya unggul dua poin (12-10). Setelah itu, Satya Wacana bisa menurunkan keunggulan tersebut di akhir kuarter kedua. Bima Perkasa hanya memimpin satu poin saja (27-26).

Satya Wacana mendapatkan momentum untuk bangkit dan berbalik unggul di kuarter ketiga. Lalu momentum tersebut lepas di menit-menit akhir. Indra Muhammad pun bisa mencetak tripoin untuk menyamakan kedudukan (37-37).

Di kuarter terakhir, Satya Wacana mengalami penurunan. Kondisi ini dimanfaatkan Bima Perkasa untuk menjauh dari kejaran lawan. Layup Restu Dwi Purnomo di sisa 4 menit 40 detik membuat Bima Perkasa unggul 15 poin (57-42). Setelah itu, Satya Wacana tidak mampu mendekati Bima Perkasa sampai pertandingan usai.

Alexander Franklyn mencetak 15 poin untuk Satya Wacana. Sedangkan dari tim inti, ada Antoni Erga yang bisa mencetak 12 poin. Besok, Satya Wacana akan berhadapan dengan Louvre Dewa United Surabaya.

Persaingan di klasemen Divisi Merah memang ketat. Louvre, Bali United Basketball, dan Pelita Jaya Bakrie Jakarta sama-sama mengumpulkan tujuh kemenangan. Bima Perkasa sudah menang enam kali. Mereka masih punya peluang untuk lolos ke playoff bila mempertahankan tren positif ini. (tor)

Foto: Ariya Kurniawan - IBL Indonesia

Komentar