IBL

Rachmad Febri Utomo mencetak 20 poin, serta membawa Bank BPD DIY Bima Perkasa menang 69-64 atas Amartha Hangtuah Jakarta di Robison Cisarua Resort, Bogor, Kamis sore. Febri mencetak akurasi tembakan 7/10 dengan tembakan gratis 100 persen (4/4). Kontribusinya dalam dua pertandingan terakhir sangat besar bagi tim Bima Perkasa.

Febri bukan hanya sekadar pemain senior di tim ini. Namun dia menjadi salah satu ujung tombak serangan Bima Perkasa. Hal tersebut diakui oleh kepala pelatih David Singleton.

"Febri itu luar biasa. Tim ini membutuhkannya untuk mencetak poin. Saya senang karena selalu menampilkan yang terbaik di setiap pertandingan. Soal cedera di kuarter terakhir tadi, saya akan pastikan lagi," ucap David, saat melakukan wawancara virtual usai laga.

David senang timnya bisa bangkit di kuarter keempat. Khususnya saat lawan mulai mengancam mereka dengan tembakan jarak jauh. Bima Perkasa memang memimpin jalannya pertandingan, namun mereka sempat mencetak empat poin di kuarter ketiga. Jumlah poin terendah dalam satu kuarter di IBL 2021. Beruntung bagi Bima Perkasa, karena akurasi Hangtuah sedang tidak bagus.

"Saya senang dengan kemenangan ini. Kami bisa bangkit di kuarter terakhir untuk mengamankan keunggulan. Tetapi kami harus lebih siap lagi di pertandingan berikutnya," imbuh David.

Selain Febri Utomo Azzaryan Pradhitya menceta 18 poin untuk Bima Perkasa. Kemudian Indra Muhammad menambahkan 12 poin. Sebaliknya di tim Hangtuah, Stevan Neno menyumbang 16 poin, diikuti Abraham Wenas (12 poin), dan Sevly Rondonuwu (11 poin).

Hangtuah belum pernah menang dalam lima pertandingan musim ini. Mereka ada di dasar klasemen Divisi Putih. Kalau dilihat dari catatan statistik penampilan Hangtuah, laga ini jadi yang paling buruk bagi anak asuh Rastafari Horongbala tersebut. Mereka hanya mencetak akurasi tembakan 37 persen (22/59).

"Kami semua menyesali kekalahan ini. Kami harus banyak melakukan perbaikan. Defense kami jelek sekali. Lawan tahu kelemahan kami di paint area," kata asisten pelatih Harry Prayogo.

Hangtuah kecolongan 38 poin dari paint area dan 21 poin dari second chance point. Sebenarnya, Hangtuah sudah tahu bahwa mereka lemah di paint area. Tetapi itu sebenarnya bisa ditutupi dengan pertahanan yang baik. Sayangnya Hangtuah memberi ruang bagi pemain lawan mencetak poin lewat paint area.

Selanjutnya, Bima Perkasa akan bertanding melawan Pacific Caesar Surabaya besok siang. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar