IBL

Indonesia Patriots berhasil membalikkan keadaan di babak kedua, dan mengalahkan Bank BPD DIY Bima Perkasa dengan skor 74-62, dalam lanjutan IBL 2021, Senin sore. Patriots berhasil menaikkan akurasi tembakan di babak kedua yang menyulitkan pertahanan Bima Perkasa

Ali Bagir Alhadar jadi aktor utama kemenangan Patriots kali ini. Dia mencetak 22 poin dengan akurasi tripoin 3/5. Yudha Saputera mencetak 15 poin, termasuk tripoin 4/9. Lalu dari bangku cadangan ada Dame Diagne yang menambahkan 11 poin. Di kubu Bima Perkasa ada Indra Muhammad yang mencetak 21 poin, disusul R. Azzaryan Pradhitya (13 poin), dan Ali Mustofa (11 poin).

"Tim kami memang ada rotasi pemain. Di babak pertama, lawan zone defense, jadi ada sedikit penyesuaian di awal. Kemudian di babak kedua, kami sudah bermain sesuai dengan permainan yang kami inginkan," kata Andy "Batam" Poedjakesuma, manajer tim Patriots.

Bima Perkasa awalnya memimpin laga. Mereka unggul 18-9 di kuarter pertama. Kemudian di kuarter kedua, Patriots mulai memperbaiki akurasi tembakan. Namun Bima Perkasa mampu bertahan. Indra Muhammad dan kawan-kawan masih unggul 39-31 saat turun minum.

Usai jeda, Bima Perkasa tak berdaya menghadapi tekanan Patriots. Khususnya skema fast-break dan akurasi tripoin. Di kuarter ketiga, Patriots membuat empat kali tripoin yang membawa mereka berbalik unggul 50-49. Lalu di kuarter keempat, Bima Perkasa gagal menghentikan serangan cepat M. Arighi dan kawan-kawan. Mereka juga berhasil memecahkan pertahanan Bima Perkasa dan mencetak tembakan tiga angka untuk membungkus kemenangan.

Salah satu faktor kekalahan Bima Perkasa, menurut David Singleton sebagai kepala pelatih adalah kehilangan Azzaryan Pradhitya yang mengalami masalah di babak kedua. Menurutnya, Adit merupakan pemain kunci di serangan mereka. Kehilangan Adit membuat serangan Bima Perkasa menurun.

"Pertandingan yang bagus untuk tim kami. Tapi tentu saja tidak menyenangkan karena kami kalah. Tim kami sudah berjuang keras. Kami akan bertanding kembali pada hari Jumat. Mudah-mudahan Galank (Gunawan) sudah bisa bermain," kata David Singleton.

Ini merupakan pertandingan terakhir Bima Perkasa dan Indonesia Patriots di seri kedua. Mereka akan bertanding kembali di seri ketiga IBL 2021, yang akan dimulai pada hari Jumat, 26 Maret 2021. Bima Perkasa sekarang berada di peringkat kedua Divisi Merah dengan 11 poin. Sementara Patriots masih bertahan di puncak klasemen Divisi Putih dengan 15 poin. (tor)

Foto: Hariyanto - IBL Indonesia

Komentar