IBL

Untuk ketiga kalinya berturut-turut, Golden State Warriors membuang kesempatan menang dengan kunggulan poin dua digit. Kali ini, Warriors tunduk dari Brooklyn Nets, dengan skor 116-120, di Chase Center, Senin, 23 Januari 2023, waktu Indonesia. Kyrie Irving tampil dominan dengan mencetak 38 poin. Warriors tidak bisa menundukkan Nets, meski tim tamu tidak diperkuat oleh Kevin Durant.

Warriors mencetak 70 poin atau lebih di paruh pertama untuk keempat kalinya musim ini. Mereka unggul 12 poin (72-60) saat turun minum. Namun selepas istirahat, Warriors seperti kehabisan bensin. Nets, yang bermain tanpa Kevin Durant, bisa melaju 15-5 di kuarter ketiga untuk mengejar ketertinggalan. Warriors masih memimpin 90-86 menjelang kuarter keempat. Keunggulan mereka naik jadi 13 poin dengan sisa waktu kurang dari tujuh menit. Tapi Warriors terlalu banyak melakukan kesalahan. Nets unggul 27-10 selama tujuh menit terakhir.

Irving menyelesaikan pertandingan dengan 38 poin tertinggi, 7 rebound, dan 9 asis. Nic Claxton mencetak dobel-dobel dengan torehan 24 poin dan 15 rebound. Sedangkan dari Warriors, Stephen Curry mencetak 26 poin, 6 rebound, dan 7 asis. Tapi kalau dilihat dari kontribusi poin starter, Nets lebih baik daripada Warriors dengan catatan 99-66.

Pelatih Warrios Steve Kerr memutuskan untuk menjalankannya kembali dengan lineup small-ball. Memasukkan Jordan Poole ke dalam starter untuk menggantikan Kevon Looney. Sebuah eksperimen yang rencananya akan terus dicoba untuk mengatasi kekurangan pemain besar. Ini artinya Curry, Poole, Klay Thompson, Andrew Wiggins dan Draymond Green harus ekstra fokus pada pertahanan dan berebut rebound.

Warriors menonaktifkan Anthony Lamb, karena dia sudah memainkan 38 dari jatah 50 pertandingan yang bisa dimainkan oleh pemain two-way contract. Artinya kalau memainkan Anthony Lamb lebih banyak lagi, Warriors harus memberinya kontrak penuh. JaMychal Green juga tidak masuk dalam roster saat melawan Nets. Warriors hanya tampil dengan sembilan pemain saja. 

Rotasi yang lebih cepat memaksa Stephen Curry bermain selama 38 menit. Jadi bisa diprediksi kalau Warriors bakal kehabisan tenaga kalau harus bertarung dengan tim-tim yang dominan di area kunci. Warriors akan kembali beraksi dua hari lagi, menjamu Memphis Grizzlies. (*)

Foto: New York Post

Komentar