IBL

RANS PIK Basketball amankan kemenangan perdana dengan mengalahkan Tangerang Hawks 76-56, Selasa (17/1). Ini jadi kemenangan perdana RANS PIK yang di gim sebelumnya kalah atas Bima Perkasa Yogyakarta.

Gim masih cukup berimbang di tiga kuarter pertama. Total ada 5 kali pergantian keunggulan dan 7 kali situasi imbang. Kedua tim juga tak pernah unggul sampai dua digit di periode ini. 

Baru di kuarter empat RANS PIK mulai membangun momentum mereka. Laju (14-2) di empat menit pertama membuat Hawks kesulitan untuk mengejar RANS PIK. Ditambah akurasi yang terus menurun, Hawks pun harus rela melihat RANS PIK meraih kemenangan perdana mereka. 

Seluruh pemain RANS PIK mencetak angka. Duom Dawam memimpin tim dengan 13 poin dan 4 rebound. Pemain senior, Fadlan Minallah menambahkan 12 poin selama 15 menit dari bangku cadangan. Akeem Scott melengkapi daftar dengan 11 poin, 5 rebound, dan 4 asis. 

"Kami bekerja sebagai tim di gim ini dan itu membuat kemenangan menjadi milik kami," terang Bambang Asdianto Pribadi, kepala pelatih RANS PIK. "Momen di mana Akeem (Scott) mengejar bola sampai terjatuh di bangku cadangan adalah momen penting buat tim kami. Itu adalah titik di mana kami sadar kami adalah satu kesatuan yang sama dan ingin meraih kemenangan ini."

"Fadlan di sini menunjukkan hal yang luar biasa. Di usia 40 tahun, ia mampu memaksimalkan menit bermain yang kami berikan, bahkan memimpin perolehan skor tim kami di paruh pertama. Ia contoh yang bagus untuk semua pemain," pungkasnya. 

Di lain sisi, hasil ini membuat Hawks belum meraih kemenangan di dua gim perdana mereka. Di gim sebelumnya, Bumi Borneo Pontianak berhasil mencuri kemenangan atas tim asuhan Antonius Joko Endratmo ini. 

"Saya rasa masalah kami masih sama dengan gim sebelumnya, konsistensi. Pemain sudah memberikan permainan bagus di tiga kuarter dan lalu hilang kendali di kuarter empat".

"Faktor kelelahan jelas jadi salah satu yang terbesar. Pemain asing kami satunya (Anthony Allen Jr.) belum juga bisa bermain. Ini membuat saya harus mencari strategi terbaik untuk mengisi kekosongan tersebut di satu gim tersisa di Seri 1 Bali," tutup mantan pemain Aspac ini.

Poin untuk Hawks mayoritas datang dari dua pemain saja. Tyron Criswell memimpin tim dengan dobel-dobel 30 poin dan 14 rebound. Danny Ray menambahkan 14 poin plus 5 rebound. 

(DRMK)

Foto: Hariyanto 

Komentar