IBL

"Saya ingin mencetak 40 poin," kata LeBron James, sebelum pertandingan Los Angeles Lakers melawan Atlanta Hawks, di Philips Arena, pada hari Sabtu, 31 Desember 2022, waktu Indonesia. Dan, benar saja, LeBron mencetak 47 poin dan membawa Lakers menang 130-121 atas Atlanta Hawks. Sementara itu, laga tersebut tepat berlangsung pada hari ulang tahunnya. LeBron merayakan dengan mencetak rekor di NBA. 

Statistik LeBron kali ini adalah 47 poin, 10 rebound, dan 9 asis. Sehingga dia bergabung dengan Michael Jordan yang memiliki catatan statistik 45 poin, 10 rebound, dan 5 asis dalam satu pertandingan di usia 38 tahun. Sementara untuk catatan poin, LeBron berada di urutan ketiga, di bawah Michael Jordan dan Jamal Crawford, yang pernah mencetak 51 poin saat mereka berusia 38 tahun. 

Uniknya, catatan LeBron pada hari ulang tahunnya ini mirip dengan rekor terdahulu. Pada tahun 2009, saat dirinya merayakan ulang tahun ke-25, LeBron mencetak 48 poin. Pertandingan tersebut juga berlangsung di Philips Arena, Atlanta. Namun yang paling penting, 47 poin yang dicetak kali ini merupakan 40+ poin pertamanya sejak bulan Maret tahun 2022. Meski hari ini, dia harus berjuang sendiri dalam menghancurkan pertahanan Hawks. 

Di awal laga, LeBron hanya mencetak akurasi tembakan 1 dari 5 percobaan. Saat kuarter pertama ditutup, juara NBA empat kali tersebut hanya mencetak dua poin saja. Setelahnya, poin mengalir deras ketika LeBron mampu memanfaatkan kelemahan Hawks di bawah ring. "Setelah hanya 1-5 di kuarter pertama, saya mulai berpikir, apakah 40 poin akan terwujud hari ini," kata LeBron, dikutip dari CBS Sports.

Sampai akhirnya, dia merasa lega ketika memasukkan poin ke-46 dan 47 melalui tembakan gratis yang diiringi teriakan MVP dari penonton. Sementara itu, dikutip dari data ESPN, LeBron mencetak 303 poin di laga yang berlangsung tepat pada hari ulang tahunnya. Mematahkan rekor Oscar Robertson yang mencetak 275 poin di laga ulang tahunnya. (*)

Foto: The Manila Times

Komentar