IBL

LeBron James sedang dalam pembicaraan hangat dalam beberapa minggu terakhir. Tetapi, dia juga berpeluang mendapatkan sorotan yang besar dari semua media, dalam beberapa minggu ke depan. Ini terkait dengan pemecahan rekor poin terbanyak di NBA sepanjang masa. LeBron hanya berjarak 261 poin dari Kareem Abdul-Jabbar, dan berpeluang memecahkan rekor ini pada bulan Februari 2023. 

LeBron James mencetak 23 poin pada pertandingan Los Angeles Lakers melawan Memphis Grizzlies, hari Sabtu, 21 Januari 2023. Dengan tambahan poin tersebut maka jumlah poin yang dicetak sepanjang kariernya adalah 38.127 poin. Maka LeBron hanya terpaut 261 poin dengan pemegang rekor poin terbanyak NBA sepanjang masa Kareem Abdul-Jabbar. 

"Saya senang melihat pencapaian LeBron. Saya tidak melihat rekor ini sebagai prestasi pribadi, tapi lebih kepada pencapaian dan usaha maksimal dari seorang manusia," kata Abdul-Jabbar, dikutip dari CBS Sports. 

Menurut pandangan Abdul-Jabbar, rekor poin terbanyak ini sama dengan rekor-rekor yang lainnya dalam dunia olahraga. Kalau ada seseorang yang pernah mendapatkan rekor, maka dia harus siap kalau suatu saat nanti, ada orang yang memecahkan rekornya. Abdul-Jabbar menyadarinya sejak musim 2021-2022, di mana LeBron James berpeluang melampaui catatan yang dibuatnya, dalam beberapa tahun ke depan. Sampai pada akhirnya, momen ini semakin dekat. 

"Jika seseorang bisa melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan, maka kita punya kesempatan untuk melakukan hal yang sama. Bahkan bisa lebih baik. Karena pencapaian seseorang itu dianggap sebagai sumber harapan dan inspirasi," jelasnya. "Pada tahun 1954, Roger Bannister berhasil memecahkan rekor berlari sepanjang 1,6 kilometer dalam waktu 3 menit 59 detik. Sejak saat itu, banyak pelari yang ingin memecahkan rekornya. Jadi jika LeBron ingin memecahkan rekor saya, maka saya akan berdiri di sana untuk memberikan semangat kepadanya."

Menurut catatan Brad Botkin dari CBS Sports, LeBron James saat ini mencetak rata-rata 29,5 poin per pertandingan. Jika dia bisa konsisten, maka rekor Kareem Abdul-Jabbar bisa dipecahkan dalam sembilan pertandingan ke depan. Syaratnya tentu saja, LeBron tidak mengalami cedera. Jadi bisa diprediksi bahwa pemecahan rekor LeBron James sebagai pencetak poin terbanyak sepanjang masa akan dilakukan pada tanggal 7 Februari 2023, di Crypto.com Arena, saat Lakers menjamu Oklahoma City Thunder. 

Namun bila prediksi tersebut meleset, kemungkinan LeBron akan memecahkan rekornya di kandang tim lain. Misalnya di Milwaukee, karena Lakers akan menghadapi Bucks pada tanggal 9 Januari 2023, atau di Chase Center, kandang Warriors, karena Lakers akan bertandang ke San Francisco pada tanggal 11 Februari 2023. 

Tetapi ada syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh LeBron James untuk memecahkan rekor tersebut sesuai prediksi waktunya. Syarat tersebut adalah LeBron harus mencetak lebih dari 20 poin dalam tiga pertandingan di bulan Januari 2023. Pertandingan tersebut yaitu melawan Portland Trail Blazers pada 22 Januari 2023, lalu LA Clippers pada 24 Januari 2023, dan San Antonio Spurs pada 25 Januari 2023. (*)

Foto: ABC7 Los Angeles

Komentar