IBL

LeBron James dan Kareem Abdul-Jabbar sama-sama menjadi legenda hidup Los Angeles Lakers. Disisi lain mereka juga terlibat “persaingan”. Saat ini Abdul-Jabbar masih tercatat sebagai pencetak skor terbanyak NBA dengan 38,387 poin. Sedangkan LeBron diurutan kedua terpaut 1,325 poin.

Rekor tersebut bisa dilampaui musim ini. LeBron rata-rata memiliki 27,1 poin per gim dalam kariernya. Jika bisa menjaga penampilan terbaiknya, pemain berusia 37 tahun itu membutuhkan 49 gim untuk melampaui rekor Abdul-Jabbar tersebut.

 

Momen itu menjadi hal yang dinanti-nantikan pada musim 2022-23 ini. Tetapi LeBron tidak banyak membicarakan soal hubungannya dengan Abdul-Jabbar. Setelah membuka pertandingan pramusim dengan Sacramento Kings pada Senin (3/10) waktu setempat, LeBron blak-blakan ketika ditanya mengenai hubungan dengan Abdul-Jabbar.

Jawabannya singkat dan padat. “Tidak ada pikiran dan tidak hubungan (dengan Abdul-Jabbar),” kata peraih MVP empat kali tersebut. LeBron lebih banyak bicara soal kemungkinannya melampaui rekor Abdul-Jabbar dalam sesi Media Day pada 26 September lalu.

“Untuk duduk di sini dan mengetahui bahwa saya berada di ambang pemecahan rekor yang paling dicari di NBA, hal-hal yang orang katakan tidak akan pernah selesai, saya pikir itu sangat merendahkan diri saya,” kata mantan pemain Cleveland Cavaliers dan Miami Heat itu.

“Saya pikir itu super keren. Jelas Kareem memiliki perbedaan pandangan dengan saya dan beberapa hal yang saya lakukan. Tetapi dengarkan sampai akhir, untuk mendapat satu nafas yang sama dengan pria yang mengenakan seragam yang sama ini,” lanjutnya.

Sebelumnya Abdul-Jabbar memang sering mengkritik LeBron. Seperti pernyataan pada April lalu saat Abdul-Jabbar menyebut LeBron seharusnya “malu” tentang :beberapa hal yang telah dilakukan”. Setelah itu Abdul-Jabbar meminta maaf.

“Bukan niat saya untuk mengkritik LeBron dengan cara apa pun. Dia telah melakukan banyak hal untuk komunitas kulit hitam dan basket. Kami mungkin tidak selalu setuju. Tetapi saya ingin meminta maaf sepenuh hati kepada LeBron dan menjelaskan bahwa saya sangat menghormatinya. Jika dia bisa menerima itu, saya akan sangat senang,” ujar Abdul-Jabbar kala itu.

Memang LeBron dan Abdul-Jabbar tidak memiliki hubungan yang dekat. Tetapi keduanya tetap terikat karena LeBron semakin mendekati rekor poin terbanyak sepanjang masa yang saat ini dipegang Abdul-Jabbar. (rag)

Foto: NBA, Turner Sport, People

Komentar