IBL

Masih tentang kemenangan lima kali beruntun dari Los Angeles Lakers, setelah mereka menumbangkan Sacramento Kings di Golden 1 Center, Minggu, 8 Januari 2023 waktu Indonesia. Para punggawa Lakers ternyata mencetak rekor-rekor terbaik, yang juga dikaitkan dengan para pendahulu mereka. LeBron James yang paling banyak mencatatkan rekor baru.

Dimulai dari LeBron James. Pada laga melawan Kings, LeBron mencetak 37 poin, 8 rebound, dan 7 asis per game. Ternyata catatan statistik rata-ratanya mengagumkan. LeBron mencetak rata-rata 38 poin per pertandingan sejak memasuki usia 38 tahun. Karena dalam empat pertandingan terakhir, LeBron dua kali mencetak 40+ poin, sekali mencetak 25 poin, dan sekali mencetak 37 poin. 

Menurut data StatMuse, LeBron James adalah pemain dengan rata-rata poin tertinggi di usia 38 tahun atau lebih, dengan rata-rata 38,0 poin per laga. Sementara di tempat kedua ada John Havlicek dengan rata-rata 25,0 poin per pertandingan, disusul Michael Jordan dengan 21,2 poin per pertandingan di usia 38 tahun. Penampilan luar biasa LeBron James dalam empat pertandingan terakhir membuatnya masuk dalam daftar pemain yang tiga kali atau lebih mencetak 35+ poin setelah berusia 38 tahun. Beberapa legenda NBA yang pernah membuat rekor ini adalah Michael Jordan, Kareem Abdul-Jabbar, dan Karl Malone. 

Selesai dengan LeBron James, pindah ke Russell Westbrook. Pada pertandingan melawan Kings, Westbrook mencetak 23 poin, 15 asis, 5 rebound dengan 2 tembakan tripoin. Faktanya, Westbrook sekarang menjadi pemain yang tampil luar biasa dari bangku cadangan dalam sejarah NBA. Bahkan lebih baik saat dia turun dari bench, ketimbang menjadi starter. Bahkan dengan catatan rata-rata 6,8 asis per pertandingan, membuat Westbrook berada di urutan kedua sebagai pencetak asis terbanyak dari bangku cadangan. Peringkat pertama masih ditempati oleh Magic Johnson dengan 7,4 asis per pertandingan. 

Terakhir ada Thomas Bryant. Ketika dia selesai dengan 29 poin, 14 rebound, dan akurasi tembakan 85 persen, maka Bryant sejajar dengan tiga legenda Lakers lainnya. Mereka adalah Shaquille O'Neal, Kareem Abdul-Jabbar, dan Wilt Chamberlain. Thomas Bryant menjadi pemain inti terbaik dengan persentase akurasi tembakan 85 persen (12 dari 14 percobaan) setelah Shaquille O'Neal. 

Lakers perlahan mulai merangkak naik. Sekarang mereka ada di peringket ke-12 dengan rekor pertandingan 19-21. Rekor yang sama dicetak oleh Minnesota Timberwolves, yang menang tiga laga beruntun dalam tiga pertandingan terakhir. Namun ujian sesungguhnya akan dijalani Lakers, karena pada hari Selasa, 10 Januari 2022, mereka akan berhadapan dengan Denver Nuggets. Tim yang menduduki puncak klasemen sementara Wilayah Barat. (*)

Foto: Yahoo!Sports

Komentar