IBL

LeBron James membuat sejarah pada pertandingan melawan Minnesota Timberwolves, Sabtu, 30 Oktober 2022, waktu Indonesia. Namun dia tidak bisa berbuat banyak untuk menghentikan mimpi buruk Los Angeles Lakers di awal musim ini. Lakers kalah lima pertandingan beruntun. 

LeBron James mengumpulkan 28 poin, ditambah 7 rebound, 5 asis, dan 4 steal. Rekor yang dibuat LeBron adalah, mencapai 20 poin dalam satu pertandingan untuk ke-1.135 sepanjang karirnya. LeBron melewati catatan Karl Malone dalam daftar sepanjang masa untuk kategori ini. Sebuah tanda yang menunjukkan bahwa betapa hebatnya empat kali MVP NBA tersebut, yang tidak pernah rata-rata kurang dari 20 poin dalam satu musim sejak tahun 2003.

Meski berhasil membuat catatan mengesankan dalam karirnya, namun LeBron tidak bisa merayakannya. Sebab Lakers sekarang belum pernah menang dalam lima pertandingan (0-5) menyusul kekalahan dari Minnesota Timbervoles dengan skor 102-111. Sudah banyak hal yang dicoba oleh kepala pelatih Darvin Ham, termasuk menempatkan Russell Westbrook di bangku cadangan. Tapi belum bisa mengangkat performa Lakers. 

"Saya pikir strategi menyerang kami justru malah merugikan saat ini," kata James, dikutip dari ESPN. "Dalam bertahan, sekali lagi, kami memiliki rencana permainan yang hebat. Kami bisa bersaing dengan tim-tim lain. Tapi pasangan dari pertahahanan tentu serangan. Kami tidak boleh hanya mahir di satu sisi saja, sementara kelemahan kami jelas terlihat di sisi satunya."

Kepala pelatih Darvin Ham harus memutar otak untuk bisa menambal kekurangan Lakers yang ditinggalkan Anthony Davis. Salah satu bintang Lakers ini bermasalah dengan punggungnya. Sementara LeBron diminta bermain agak ke dalam, dan inilah yang menyebabkan kontribusinya kurang maksimal. LeBron hanya memasukkan 10 dari 28 percobaan tembakan. 

Dengan rekor 0-5, situasi di tim Lakers menghangat. Manajemen jadi sorotan, pelatih juga jadi bahan kritikan, hingga para bintang yang dijadikan meme untuk media sosial. Minggu depan, Lakers akan menghadapi empat pertandingan kandang, yaitu melawan Denver Nuggets, New Orleans Pelicans, Utah Jazz, dan Cleveland Cavaliers. (*)

Foto: Silver Screen and Roll

Komentar