IBL

Setiap kemenangan yang diraih Lakers di musim 2022-2023 ini sangat berharga. Level  rosternya tidak terlalu tinggi, meski memiliki tiga bintang dengan gaji tinggi. Karena pada akhirnya tiga pemain tersebut yang jadi pusat perhatian, khususnya dalam performa tim secara umum. Namun akhir-akhir ini, Lakers mendapatkan jawaban atas absennya Anthony Davis. Karena duet LeBron James dan Russell Westbrook terlihat makin padu. 

Sepanjang tiga musim terakhir, Lakers dihantui hasil negatif dan mengecewakan. Kurangnya kohesi di antarpemain, cedera, dan tim yang tidak kompetitif menjadi penyebab kinerja yang buruk. Namun pada beberapa pertandingan terakhir, meski situasinya sangat mirip dengan musim sebelumnya, Lakers tampaknya bisa mengatasi tekanan tersebut. Dan, mereka patut berterima kasih kepada Darvin Ham, yang telah membawa Russell Westbrook kembali ke tujuan dan memberi LeBron James peran yang lebih cocok untuk posisinya dalam kariernya. 

Contohnya adalah kemenangan 136-134 atas Sacramento Kings, di Golden 1 Center, Minggu, 8 Januari 2023 waktu Indonesia. Kemenangan yang sangat berharga bagi "Angelenos" karena beberapa alasan. Yang pertama karena menandai pertandingan kelima berturut-turut tanpa kekalahan, rekor terpanjang tim sejak Mei 2021, saat Kyle Kuzma, Marc Gasol, dan Alex Caruso masih memakai emas dan ungu. Kedua, mereka harus kembali tampil bagus, karena Lakers sempat kehilangan semangat untuk menang. Terakhir, kemenangan beruntun ini bisa didapatkan dengan konsekuensi dari kerja tim, bukan dari penampilan individu yang menjadi penyelamat. 

Dalam hal ini, ada empat nama yang penting bagi Lakers untuk keluar sebagai pemenang dari Sacramento Kings. Pertama, tentu saja LeBron James. Setiap kali dia menguasai bola, ada kemungkinan besar mendapatkan skor atau tembakan gratis. Dengan demikian dapat dipahami bahwa pemain berusia 38 tahun punya peran penting. Kali ni dia nyaris meraih tripel dobel dengan catatan 37 poin, 8 rebound, dan 7 asis dengan tingkat akurasi 50 persen. 

Russell Westbrook menawarkan versinya yang paling berguna untuk Lakers ini. Kecuali untuk pemilihan tembakan. MVP NBA 2017 itu terlihat tajam dan cerdas untuk memperkuat serangan mereka. Dengan cara ini, Russ mencapai asis tertinggi musimnya, mendistribusikan 15 asis dengan hanya 3 turnover, menambahkan 23 poin, 5 rebound, dan akurasi 50 persen. Dia adalah pemain pengganti ketiga yang mencatat rekor 20/5/15, bergabung dengan Bobby Washington dan Slick Watts.

Ketiga ada Thomas Bryant. Salah satu orang yang paling diuntungkan dari karya hebat Westbrook. Bryant mengemban tugasnya dengan dan tampil luar biasa, mencetak dobel-dobel dengan catatan 29 poin dan 14 rebound. Akurasinya mencapai 85,7 persen. Bryant membuat para penggemar seakan lupa dengan cedera Anthony Davis. 

Terakhir, Dennis Schroder, perannya dalam menutup pertandingan, karena intervensi defensifnya, yang mencegah De'Aaron Fox menjadi pahlawan. Tapi juga di sisi lain, sejak 3,6 detik menjelang akhir ia memaksa pemain Kings melakukan pelanggaran yang membawanya ke garis tembakan gratis. Sehingga bisa membuat dua poin yang penting bagi Lakers.

Lakers telah berkembang perlahan-lahan melewati lawan mereka yang lain. Dengan lebih dari setengah musim ke depan, mereka sudah sampai di posisi ke-10 klasemen sementara Wilayah Barat, dan terpaut 1,5 pertandingan dari zona Playoff. (*)

Foto: Lakers Nation

Komentar