IBL

Gim Portland Trail Blazers vs Oklahoma City Thunder pada Senin (19/12) di Paycom Center harusnya menjadi momen yang membahagiakan untuk Damian Lillard. Pada gim itu ia melampaui Clyde Drexler sebagai top skor sepanjang masa Blazers.

Sayangnya, pada detik-detik terakhir, Thunder berhasil mencuri kemenangan. Buzzer beater Shai Gilgeous-Alexander membawa Thunder unggul 123-121. Tembakan itu menutup penampilan Shai dengan 35 poin. Sebanyak 14 poin berasal dari 14 tembakan gratis.

Jalen William dan Luguentz Dort memberikan 13 poin. Aaron Wiggins, Kenrich Williams, dan Mike Muscala masing-masing 12 poin serta Isaiah Joe dengan 11 poin.

“Bahkan selama pertandingan, saya tidak fokus untuk bermain memecahkan rekor itu. Saya bertanding hanya untuk menang. Saya tahu itu (rekor) memang akan terjadi pada akhirnya,” kata lulusan Weber State University itu.

Dalam gim itu Lillard sendiri membukukan 28 poin. Ia sukses meluncurkan 6/12 tripoin ditambah enam asis. Capaian itu membawa Lillard menjadi top skor sepanjang masa Blazers dengan raihan 18,041 poin.

Jumlah itu satu poin lebih banyak dari rekor yang ia pecahkan. Sebelumnya rekor itu dimiliki oleh Drexler saat membela Blazers pada periode 1983-95.

“Rasanya memang luar biasa bisa mencapai puncak. Itu memang tujuan saya. Banyak pemain hebat dalam sejarah tim ini. Menjadi nomor satu adalah pencapaian spesial yang saya banggakan,” ungkap Lillard.

Lillard telah memainkan 730 gim dengan Blazers. Peraih enam kali All-Star itu masuk dalam NBA’s 75th Anniversary Team. Saat ini Lillard memiliki rata-rata 28,3 poin, 3,8 rebound, 7,1 asis, dan 34,4 menit pertandingan.

Kemenangan ini membawa Thunder dengan rekor 13-18. Sedangkan Blazers memiliki rekor 17-14. Keduanya akan kembali bertemu pada Rabu (21/12) atau Kamis WIB. (rag)

Foto: Thunderous Intentions, Oregon Live

Komentar