IBL

Penghargaan Most Valuable Player (MVP) NBA resmi berganti nama menjadi Michael Jordan Trophy untuk musim 2022-2023. Liga membuat pengumuman itu pada hari Selasa, 14 Desember 2022, waktu Indonesia. Trofi MVP NBA telah disematkan pada Maurice Podoloff selama sekitar enam dekade. Jordan memenangkan trofi yang diberi nama untuk Podoloff sebanyak lima kali. Tapi sekarang juara NBA enam kali tersebut akan menyerahkan trofi atas namanya kepada pemain terbaik NBA.

Setelah mengumumkan enam trofi gelar individu dan tim rancangan Victor Solomon, kali ini NBA merilis beberapa trofi lainnya. NBA memberikan penghormatan untuk pemain-pemain hebat di masa lalu. 

Baca juga: Trofi Baru Penghargaan Individu NBA Rancangan Victor Solomon

Lima penghargaan individu rancangan Victor Solomon memiliki bentuk yang sama seperti trofi yang diumumkan sebelumnya yaitu, struktur jaring bola basket kristal 15 inci dengan permukaan depan datar dan pemain bola basket emas tertanam di tengah. Nama penghargaan dan penerima terukir di bagian bawah.

Foto: sportsmanor.com

Pertama ada Jerry West Trophy untuk Clutch Player of The Year. Ini adalah trofi baru yang mulai diberikan pada musim 2022-2023. Legenda Los Angeles Lakers Jerry West mendapat julukan “Mr. Clutch” untuk tembakannya yang luar biasa di akhir pertandingan. Sosok di dalam trofi sedang melakukan jump shot meniru gerakan West. Trofi yang kedua adalah Hakeem Olajuwon Trophy untuk Defensive Player of the Year. Hakeem Olajuwon adalah dua kali NBA Defensive Player of the Year dan sembilan kali NBA All-Defensive Team. Dia masih menjadi pemimpin liga sepanjang masa dalam hal blok, dan kesembilan sepanjang masa dalam mencuri. Sosok di dalam trofi ini menggambarkan sikap bertahan klasik dengan satu tangan ke atas dan satu ke bawah, lutut ditekuk dan siap bergerak.

Wilt Chamberlain Trophy merupakan trofi yang diberikan kepada Rookie of the Year. Wilt Chamberlain menjalani salah satu musim rookie terbaik yang pernah dilihat NBA pada 1959-1960 bersama Philadelphia Warriors. Dia menceta rata-rata 37,6 poin dan 27,0 rebound dalam 46,4 menit per pertandingan musim itu, membawa pulang penghargaan Rookie of the Year dan MVP. Sosok di dalam piala dengan nama Chamberlain digambarkan sedang memegang dua bola basket sekaligus, yang dikenal sebagai Chamberlain Pose. Kemudian trofi keempat diberi nama John Havlicek Trophy untuk Sixth-Man of the Year. John Havlicek muncul dari bangku cadangan selama tujuh musim dalam karir NBA-nya, dan dia masuk dalam Tim All-Star dalam empat musim tersebut. Dia memenangkan delapan gelar juara NBA antara tahun 1963 hingga 1976, dinobatkan sebagai All-Star 13 kali, dan memenangkan penghargaan NBA Finals MVP. Sosok di dalam piala ini menampilkan Havlicek sedang melakukan tembakan. 

Most Improve Player musim ini akan mendapatkan trofi bernama George Mikan Trophy. George Mikan menjadi big man pertama yang dominan di NBA dengan berlatih dan menguasai dasar-dasar permainan. Latihan layup dan gerak kaki yang dikenal sebagai "Mikan Drill" telah digunakan selama beberapa dekade oleh para pemain di semua level untuk meningkatkan permainan mereka. Sosok di dalam trofi ini terlihat sedang melakukan layup, seperti yang dilakukan Mikan dalam latihannya.

Foto: sportslogo.net

Setelah lima trofi di atas, ada trofi baru yang paling bergengsi dinamai menurut nama pemain terhebat yang pernah ada di liga. Michael Jordan Trophy akan diberikan kepada MVP NBA setiap musim. Trofi perunggu menampilkan kemiripan dengan Chicago Bulls yang hebat. Dikutip dari rilis NBA, pesan dalam trofi tersebut adalah "mendobrak batu untuk meraih batu pamungkas – bola basket kristal"

Dari bawah ke atas, patina trofi ini lebih mengilap, yang menandakan kerja keras MVP dan perkembangan dari memasuki liga untuk mencapai gelar individu terbesar di NBA. Jangkauan trofi melambangkan pengejaran tak berujung MVP untuk kehebatan. Trofi tersebut dirancang oleh Mark Smith, pensiunan Wakil Presiden Proyek Khusus Inovasi di Nike, Inc., dan desainer Jordan Brand.

Foto: Yahoo!Sports

Berikut detail Michael Jordan Trophy:

-. Trofi tersebut memiliki berat 23,6 pound dan tinggi 23,6 inci - angka yang merujuk pada nomor jersey ikonik Jordan (23) dan jumlah kejuaraan NBA yang dimenangkannya (6). 

-. Basis lima sisi merujuk pada lima penghargaan MVP cuti Jordan. 

-. Papan nama di bagian depan trofi memiliki enam sisi, sekali lagi mengacu pada kejuaraan NBA Jordan. 

-. Basis diatur pada sudut 15 derajat, mengacu pada 15 musim Jordan di NBA. 

-. Bola basket kristal memiliki 23 poin, sekali lagi mengacu pada nomor punggung Jordan. 

-. Bola basket kristal berdiameter 1,23 inci, "mengacu pada singularitas MVP dan karier menonjol Jordan."

NBA melakukan perubahan nama trofi penghargaan individu sejak bulan Mei 2022. Sebelum trofi gelar individu musim reguler, terlebih dahulu dibuat untuk playoffs yang diberi nama legenda NBA seperti Bill Russell, Oscar Robertson, Bob Cousy, Earvin "Magic" Johnson, dan Larry Bird. (*)

Komentar