IBL

Di momen tertentu, NBA melakukan lelang untuk benda-benda yang digunakan pemainnya. Benda itu meliputi seragam, celana, jaket pemanasan, sepatu, serta aksesoris lain. Semakin prestisius momen yang diambil, serta semakin terkenal pemain yang menggunakan, maka biasanya semakin tinggi pula harganya.

Tak hanya NBA, pihak-pihak di luar NBA pun kerap melelang benda yang punya relasi dengan olahraga basket. Entah untuk keperluan mencari untung atau amal, kegiatan ini seakan jadi tradisi karena melibatkan kolektor garis keras dengan nominal penjualan yang fantastis. Mainbasket merangkum lima lelang termahal dari benda yang berhubungan dengan olahraga basket.

Bola Basket Bertanda Tangan Michael Jordan dan Michael Jackson

Video lagu Raja Pop Michael Jackson, “Jam”, dibuat pada 1993. Di video itu, ia mengundang Michael Jordan sebagai bintang video. Sayangnya, Jordan bersikukuh tidak mau berdansa. Alhasil, Jackson dan Jordan bermain basket di video itu. Setelah proses ambil gambar, bola yang mereka gunakan ditandatangani dua legenda beda bidang tersebut. Setelah 20 tahun, bola itu laku seharga AS$294 ribu.

Cincin Juara ABA 1974 Julius “Dr. J” Erving

Tahun 1974, untuk pertama kalinya Dr. J dan New York Nets merasakan gelar juara ABA (kini NBA). Pemain kribo ini saat itu juga jadi pemain terbaik. Momen itu sungguh berharga hingga cincin yang ia pakai saat perayaan pun bernilai tinggi. Berselang 30 tahun, cincin ini terjual seharga AS$460 ribu. Erving juga menjual cincin juara ABA 1976 dan NBA 1978, 1983 dan 1984 untuk melunasi hutang yang melilitnya. Bila ditotal, Dr. J meraup AS$1.356.830 untuk seluruh penjualan cincin juaranya.

Cincin Juara NBA 2010 Metta World Peace

Ron Artest, yang kemudian berganti nama jadi Metta World Peace, menjuarai NBA 2010 bersama Los Angeles Lakers. Ia menggunakan cincin saat selebrasi, dan cincin itu bernilai tinggi. Untuk tujuan amal, cincin tersebut dilelang dan laku AS$500 ribu. Seluruh hasil lelang diberikan untuk penanggulangan dan pengobatan penderita penyakit mental. 

Kayu Lapangan Final NBA 1998

Laga keenam final NBA 1998 antara Chicago Bulls dan Utah Jazz jadi pertandingan terakhir Michael Jordan di NBA. Ini juga jadi gelar terakhir Jordan. Momen itu sangat berharga, bahkan untuk lapangannya. Perusahaan dagang Upper Deck membeli kayu lapangan final NBA 1998 yang diadakan di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, seharga AS$1 juta.

Buku Peraturan Basket yang Ditulis Dr. James Naismith

Buku peraturan ini ditulis tangan oleh penemu sekaligus pemegang paten olahraga basket, Dr. James Naismith, pada 11 Januari 1892. Setelah 118 tahun, kumpulan kertas itu dilelang dan terjual AS$4.300.000. Oleh pemenang lelang yang namanya dirahasiakan, buku ini kemudian dihibahkan ke Universitas Kansas untuk keperluan pendidikan.

Foto: Getty Images, NBA, Michael Jackson - Jam (1993), Sports Illustrated

Komentar