IBL

Chicago Bulls secara diam-diam memperpanjang kontrak pelatih Billy Donovan pada awal musim ini. Berita tersebut dimuat oleh The Athletic pada Selasa (30/11) lalu yang kemudian dikonfirmasi oleh manajemen Bulls.

Perpanjangan kontrak disebut berdasarkan capaian Donovan musim lalu. Ia berhasil membawa Bulls lolos ke playoff untuk pertama kalinya setelah empat tahun. Donovan awalnya memiliki kontrak empat tahun sejak 2020. Sekarang kontrak tersebut diperpanjang lagi untuk beberapa tahun ke depan.

Keputusan memperpanjang kontrak itu dianggap terburu-buru. Sebab, Donovan baru meraih satu playoff pada dua musim pertamanya dan masih ada dua musim sisa di kontrak awal. Itu pun langsung kalah 1-4 di babak pertama oleh Milwaukee Bucks.

Masih perlu banyak hal untuk dibuktikan oleh Donovan. Dalam satu dekade terakhir, Bulls baru dua kali meraih semifinal wilayah Timur. Capaian terakhir terjadi pada musim 2014-15 atau saat Barack Obama masih menjadi Presiden Amerika Serikat.

Sebenarnya Bulls sempat berada di posisi pertama wilayah Timur hingga jeda All-Star musim lalu. Namun, performa mereka jatuh setelah Lonzo Ball cedera dan menjalani operasi lutut pada Januari.

Apalagi musim ini mereka sedang mengalami situasi yang sulit. Bulls memiliki rekor 9-12. Dalam musim ketiga Donovan bersama Bulls, rekornya juga tidak bagus-bagus amat. Malah hampir seimbang dengan 86-89. Setelah memenangkan tiga dari empat gim, Bulls kemudian dihajar Phoenix Suns 132-113 di Footprint Center pada Kamis WIB.

Kritikan juga bermunculan karena keputusan-keputusan kontroversial Donovan. Seperti mencadangkan Zach Lavine di kuarter terakhir melawan Orlando Magic. Padahal mereka membutuhkan kemenangan.

K.C. Johnson dari NBC Sports Chicago menulis bahwa perpanjangan kontrak dilakukan karena kedekatan Donovan dengan Kepala Operasi Bola Basket Bulls Arturas Karnisovas. Membuatnya lebih mudah untuk mengamankan posisi. “Keduanya berbicara hampir setiap hari dan tidak pernah ada kesalahpahaman bahkan ketika membahas hal yang sulit,” tulisnya.

Bulls merombak manajemen pada 2020 lalu. Saat itu mereka menunjuk Karsinovas sebagai wakil presiden operasi bola basket dan Marc Eversley sebagai manajer umum. Keduanya lalu mendatangkan Donovan dari Oklahoma City Thunder untuk menggantikan posisi pelatih Jim Boylen.

Melihat performa tim saat ini dan perpanjangan kontrak telah dilakukan, cukup menarik melihat bagaimana Donovan akan menyelesaikan musim ini. Apakah bisa melebihi capaian musim lalu atau malah sebaliknya. Saat ini Bulls menempati posisi empat terbawah wilayah Timur. (rag)

Foto: NBA

Komentar