IBL

Tak butuh waktu lama bagi Billy Donovan mendapatkan pekerjaan kembali setelah meninggalkan Oklahoma City Thunder. Donovan mulai musim depan akan melatih Chicago Bulls, setelah resmi diumumkan pada Selasa, 22 September waktu setempat.

Chicago Bulls berhasil mendapatkan salah satu pelatih berkualitas yang ada di daftar atas bursa pelatih NBA. Donovan akan memimpin tim yang berencana membangun ulang komposisi pemain untuk musim depan. Donovan yang berusia 55 tahun menghabiskan lima musim terakhir bersama Oklahoma City Thunder.

Baca Juga: Billy Donovan Resmi Berpisah dengan OKC Thunder

Donovan menggantikan Jim Boylen, yang dipecat setelah Bulls finis dengan rekor 22-43 musim ini. Bulls adalah salah satu dari delapan tim yang tidak lolos ke lanjutan NBA di Walt Disney World Resort.

Dalam sebuah pernyataan, Donovan berterima kasih kepada pemilik dan manajemen Bulls. Terutama, dirinya berharap segera bisa bekerja dengan wakil presiden eksekutif operasi bola basket baru Bulls, Arturas Karnisovas.

"Saya senang bisa bermitra dengan Arturas, terutama karena kami bisa bekerja sama dalam tim yang bersejarah ini," katanya, seperti dikutip dari nba.com.

Bulls musim ini menargetkan satu di tempat playoff. Tapi justru akhirnya mereka berada di urutan ke-11 di Wilayah Timur. Setelah itu, manajemen Bulls memutuskan untuk membangun ulang timnya.

Langkah pertama, Chicago Bulls mempekerjakan Karnisovas sebagai wakil presiden eksekutif operasi bola basket pada bulan April lalu. Bulls juga memilih manajer umum Marc Eversley, menggantikan Gar Forman. Terakhir, mereka melepas Jim Boylen bulan lalu.

Billi Donovan mencetak 243-157 bersama OKC Thunder selama lima musim. Dia juga sukses membawa Thunder masuk playoff, lima musim berturut-turut. Donovan juga menjadi nominasi Coach of the Year musim ini. Tetapi karena kontraknya berakhir, maka Donovan dan Thunder sepakat untuk tidak melanjutkan kontrak lagi.

"Kami sangat senang menyambut Billy dan keluarganya di Chicago Bulls," kata Karnisovas. "Keberhasilan yang telah ia pertahankan selama karir kepelatihannya menempatkannya pada level yang berbeda. Kami merasa kemampuannya bisa membantu para pemain mencapai potensi terbaik mereka, baik secara individu maupun kolektif. Donovan akan cocok dengan tim kami. Baik sebagai pemain maupun sebagai seorang pelatih, dia telah sukses, dan kami berharap itu akan berlanjut di sini, di Chicago. "

Bulls mengandalkan Donovan untuk memberi mereka dorongan ke playoff. Sebab Bulls sudah absen dari persaingan playoff empat kali dalam lima tahun terakhir. Di lapangan, Bulls dipimpin oleh Zach LaVine, yang mencetak rata-rata 25,5 poin musim ini, dan Lauri Markkanen, pemain dari Finlandia yang absen 15 pertandingan karena cedera panggul.

Ironisnya, Chicago menjadi tuan rumah NBA All-Star musim ini, tetapi tidak ada pemain Bulls yang masuk. Ini menunjukkan bahwa Bulls sudah jatuh terlalu dalam. Donovan diharapkan bisa mengangkat prestasi mantan klub Michael Jordan tersebut. (tor)

Foto: NBA

Komentar