IBL

Berita ini terkait dengan semakin dekat batas waktu pertukaran pemain di NBA. Kepala pelatih Chicago Bulls Billy Donovan tidak punya gambaran mengenai pergerakan timnya. Pelatih Donovan menyerahkan semuanya kepada Arturas Karnisovas, sebagai wakil presiden eksekutif operasi bola basket Chicago Bulls. 

Bulls bukan tim yang aktif dalam pembicaraan bursa transfer pemain. Karena Bulls cukup percaya diri dengan tiga bintangnya, yaitu Zach LaVine, DeMar DeRozan, dan Nikola Vucevic. Mereka juga merasa baik-baik saja, sampai Donovan mengungkapkan kekhawatirannya setelah pertandingan melawan Portland Trail Blazers. 

Pada pertandingan yang berlangsung hari Minggu, 5 Februari 2023, waktu Indonesia, Bulls menang dengan skor 129-121 atas Trail Blazers. Tapi dari pertandingan tersebut, pelatih Donovan menemukan kelemahan timnya. Dengan absennya Alex Caruso karena cedera, Damian Lillard mengeksploitasi back court Bulls sejak awal. Dia mencetak 28 poin dengan akurasi tembakan 8 dari 11 percobaan, serta memasukkan 9 dari 9 tembakan gratis di awal laga. Sedangkan total poin yang dimasukkan Lillard pada pertandingan tersebut adalah 40 poin. 

Diakui Donovan, bahwa rencana tim telah berubah di awal tahun. Terutama setelah Bulls hanya mencetak rekor pertandingan 25-27. Mereka ada di peringkat kesembilan dengan persentase kemenangan 48 persen. Meski begitu, diakui Donovan bahwa dirinya dan Arturas Karnisovas masih berada di jalur yang sama. Apalagi dalam menentukan pemain. Tapi bila ada perbedaan pendapat antara keduanya, maka Karnisovas yang berhak menjadi penentu. 

"Pada akhirnya, keputusan ada di tangan Karnisovas. Dia tahu tentang apa yang menurutnya jadi keputusan terbaik untuk tim. Dan, saya akan selalu mendukungnya, karena dia selalu memberikan alasan tentang keputusan yang dibuat," kata Donovan, dikutip dari Sun Times

Dari pandangan pemain, Zach LaVine menilai bahwa Bulls sekarang tidak perlu ada penambahan atau pertukaran pemain. Mereka sudah punya semuanya. Bulls hanya butuh strategi yang tepat untuk menghadapi setiap lawan di liga. "Jelas Dame menjadi masalah kami hari ini. Menunjukkan betapa tim kami masih punya kelemahan. Tapi kami hanya perlu melakukan beberapa penyesuaian dalam strategi. Itu yang kami butuhkan sekarang," katanya. 

Lebih jauh, pelatih Donovan menyerahkan semua keputusan di tangan Arturas Karnisovas. Apalagi terkait dengan transfer pemain. Apa yang akan terjadi dalam dua minggu ke depan, menurutnya adalah keputusan Karnisovas, yang punya pandangan lebih luas ketimbang seorang pelatih. 

"Saya merasa kalau dia mendengar pendapat saya. Dia juga melihat totalitas kami. Tapi sebagai pelatih sata tidak bisa melihat apa yang dibutuhkan untuk membangun tim lebih baik. Karena ada hal-hal tertentu sebagai pelatih yang tidak saya perhatikan. Dia (Arturas Karnisovas) memiliki gambaran yang jauh lebih luas," pungkas Donovan. (*)

Foto: dawindycity.com

Komentar