IBL

Tim nasional (timnas) Amerika Serikat tidak lagi berada di puncak ranking dunia. Setelah 12 tahun mendominasi, posisinya digeser oleh Spanyol. Perubahan ranking terbau dilakukan FIBA pada Jumat (18/11).

Saat ini perolehan poin Spanyol dan AS tidak berbeda jauh. Spanyol mengoleksi 758,6 poin. Sedangkan AS dengan 757,5 poin. Selain kedua negara itu, tidak ada perubahan dalam ranking 12 besar dunia. Posisi ketiga dan seterusnya diisi oleh Australia (740,3), Argentina (734,3), dan Prancis (715,0).

AS yang merupakan juara bertahan Olimpiade empat kali beruntun, menempati posisi puncak sejak 2010 silam. Mereka menduduki posisi itu setelah memenangkan Kejuaraan Dunia 2010.

“Ini bukan gelar baru dan mungkin tidak bisa dipertahankan terlalu lama. Tetapi ini adalah suatu yang sangat unik, bergengsi, dan bersejarah sehingga saya merasa sangat bangga dengan semua yang telah berkontribusi atas capaian ini,” tulis pelatih Spanyol Sergio Scariolo melalui akun Twitternya.

Dilansir melalui The Athletic, terpelesetnya AS dari puncak ranking dunia karena beberapa faktor. Pertama saat kekalahan dari Brazil 79-94 (11/11) dalam Kualifikasi FIBA World Cup 2023. AS juga masih belum memastikan tempat di putaran final dan telah mengalami dua kekalahan dari 10 gim pada pertandingan kualifikasi.

Kemudian kekalahan dari Prancis di laga pertama Olimpiade Tokyo 2020 juga berpengaruh. Meski pada akhirnya AS tetap bisa menjuarai ajang itu. AS juga kalah dalam dua laga eksibisi. Meski meraih emas Olimpiade 4 kali beruntun, Olimpiade bukan event FIBA. AS sendiri memang tidak begitu dominan di event FIBA.

Sistem ranking FIBA diubah pada 2017 lalu dengan memperhitungkan hasil dari capaian delapan tahun terakhir. Dengan hal itu AS tidak memperoleh hasil dari FIBA World Cup 2014. Tetapi poin mereka saat memenangkan emas di Olimpiade Rio 2016 dan Olimpiade Tokyo 2020 masuk dalam perhitungan. Pada FIBA World Cup 2019 lalu AS menempati posisi ketujuh.

Prestasi terbaru Spanyol adalah memenangkan EuroBasket 2022 setelah mengalahkan Prancis. Ini menjadi gelar keenam Spanyol di EuroBAsket. Kemudian Spanyol merupakan juara bertahan FIBA World Cup. Pada edisi 2019 itu La Roja menumbangkan Argentina sekaligus meraih gelar keduanya. (rag)

Foto: FIBA, USA Basketball

Komentar