IBL

Dallas Mavericks menang 117-112 atas Portland Trail Blazers, Minggu, 13 November 2022, waktu Indonesia. Bintang Mavs, Luka Doncic mencetak tripel-dobel dengan catatan 42 poin, 13 rebound, dan 10 asis. Uniknya justru pelatih Trail Blazers, Chauncey Billups malah memberikan pujian untuk performa Doncic. Menurutnya, Doncic bisa jadi MVP musim ini. 

Doncic membuat Mavericks bangkit lagi setelah dua kekalahan mengecewakan berturut-turut. Namun justru pujian tidak hanya datang dari kawan saja, bahkan lawan ikut memuji penampilan Doncic. Kepala pelatih Portland Trail Blazer sekaligus mantan MVP Final NBA 2004, Chauncey Billups, memberikan pujian bahwa Doncic adalah "ujung tombak" terbaik yang ada di liga. 

"Dia adalah pencetak poin terbaik. Dia siap menghadapi pemain besar. Dia adalah paket lengkap," kata Billups, dikutip dari The Smoking Cuban. "Jelas saya akan mengatakan kalau Doncic sama seperti LeBron James. Bedanya dia punya tembakan yang lebih baik."

Billups menambahkan bahwa Trail Blazers dan Mavericks punya visi bermain yang sama. Hanya saja, kehadiran Doncic membuat Mavs lebih baik. Bahkan di sepanjang pertandingan, Billups mengaku terus mencari komposisi yang tepat untuk menjaga Doncic. Tapi tidak berhasil untuk menghentikan bintang Dallas berusia 23 tahun tersebut. 

Setelah tripel-dobel tersebut, Doncic membuat catatan statistik yang bagus musim ini. Menurut data Statmuse, Doncic adalah pemain pertama sejak 2019 yang mencetak 10 poin, 5 rebound, dan 5 asis di kuarter pertama sebanyak 10 kali. Doncic juga masuk dalam empat pemain NBA musim ini yang mencetak 40+ poin dan 10+ poin dalam satu pertandingan. Selain Doncic ada nama Jayson Tatum, Giannis Antetokounmpo, dan Joel Embiid. 

Dengan catatan tripel-dobel dalam pertandingan melawan Trail Blazers, Doncic sudah mengumpulkan enam kali tripel-dobel dengan 40+ poin. Dia mencetak 49 tripel-dobel yang menjadi catatan terbanyak dalam sejarah Dallas Mavericks. Sementara untuk musim ini, ada tiga pemain yang sudah mencatatkan 10 poin dan 10 asis per pertandingan, antara lain Luka Doncic, Trae Young, dan Ja Morant. Melihat catatan Luka Doncic di awal musim, wajar kalau Chauncey Billups mengatakan bahwa dia berpeluang besar menjadi Most Valuable Player musim ini. (*)

Foto: Reuters

Komentar