IBL

DBL Academy Selection akhirnya memasuki rangkaian utama acara di Perth, Australia, Minggu, 6 November 2022. Ya, tiga tim DBL Academy Selection bertanding di Binar Futures Tournament yang diikuti oleh total empat tim peserta dan digelar di Craigie Leisure Centre.

Peserta turnamen ini adalah Binar Academy selaku tuan rumah, WBA All Star, dan Team Mamba. Tiga tim DBL Academy Selection dan juga tim peserta lainnya dipisahkan berdasarkan kelompok umur masing-masing. Turnamen ini sendiri menggunakan sistem round robin di mana semua tim bertemu masing-masing satu kali. 

Hasilnya, Tim A (U-16) dan Tim B (U-14) DBL Academy Selection berhasil menyapu bersih kemenangan di babak penyisihan. Tim C sayangnya menelan satu kekalahan yang diberikan oleh Team Mamba.

Pun demikian, seluruh tim DBL Academy Selection berhasil lolos sampai final. Namun, seluruh tim DBL Academy Selection harus mengakui keunggulan lawan masing-masing di partai puncak. 

Tim C kembali kalah atas Team Mamba di partai final dengan skor 25-18. Tim B pun gagal membendung serangan WBA All Star dan menyerah 32-16. Persaingan sengit dialami Tim A yang berjuang sampai detik akhir. Berhadapan dengan tuan rumah, Tim A kecolongan satu tripoin yang membuat skor akhir menjadi kemenangan Binar Academy 26-25.  

"Saya rasa ini gim ini cukup baik. Level kompetisi dan lawan yang dihadapi DBL Academy Selection cukup baik," tutur Andrew Vlahov, CEO WBA Australia.

"Saya melihat banyak perkembangan dari evaluasi yang kami berikan sebelumnya kepada permainan mereka. Tim DBL Academy Selection membagi bola dengan baik, mereka mendengarkan pelatih dan masukan juga dengan seksama," imbuhnya. 

Pun begitu, untuk menenangkan turnamen di level internasional seperti ini, Vlahov menilai bahwa para pemain DBL Academy Selection harus meningkatkan lagi kekuatan fisik dan stamina mereka. Di matanya, fisik dan stamina Indonesia tidak buruk, namun bisa lebih baik lagi.  

"DBL Academy Selection meninggalkan kesan yang baik untuk warga Perth yang hadir di lapangan. Saya mendapatkan beberapa pesan bahwa para orang tua yang hadir salut atas level sportivitas para pemain DBL Academy Selection."

"Mereka membantu lawannya untuk berdiri dan bermain dengan respek yang tinggi. Pemain kita juga membagikan souvernir ke lawan, membersihkan sampah setelah bertanding. Ini adalah attitude yang baik dan hal penting yang kita tanamkan dan pupuk terus di DBL Academy," pungkasnya. 

Selepas melakoni turnamen ini, DBL Academy Selection pun melepaskan penat dengan mengunjungi Caversham Wildlife Park serta mengunjungi pusat perbelanjaan. Tim DBL Academy Selection akan dijadwalkan kembali ke Surabaya pada tanggal 11 November 2022. 

Foto: Dokumentasi DBL Academy 

 

Komentar