IBL

DBL Academy kembali membuat terobosan baru. Setelah sempat bertanding ke Malaysia pada 2019 lalu, kini DBL Academy kembali menjajal turnamen luar negeri. Tim DBL Academy Selection kini akan beraksi dan mencoba kekuatan tim-tim Australia lebih tepatnya di Perth. 

Namun, ada yang berbeda di tur kali ini. Tak hanya bertanding, 26 siswa DBL Academy Selection juga akan sowan dan belajar langsung ke World Basketball Academy (WBA). Total tim DBL Academy Selection ini akan menghabiskan waktu 11 hari (1—11 November 2022). 

Tim DBL Academy Selection ini cukup serius dalam mengikuti turnamen di Australia. Hal ini terbukti dengan persiapan di Surabaya yang cukup intens. Tim DBL Academy Selection beberapa kali menggelar uji coba dengan tim-tim SMA Surabaya yang beberapa waktu lalu berlaga di Honda DBL with KFC East Java Series seperti SMA Gloria 1 Surabaya, SMAN 9 Surabaya dan SMAN 1 Waru. 

"Ini adalah program latih tanding ke luar negeri perdana kita sejak pandemi virus korona 2020 lalu," terang Dimaz Muharri, kepala pelatih DBL Academy. "Kami sudah melakukan seleksi untuk pemain yang berangkat dan persiapan demi bertanding di sana. Kami coba memberikan pengalaman baru untuk siswa-siswa DBL Academy melihat bagaimana kekuatan Australia, negara peringkat tiga FIBA," imbuhnya. 

"Nantinya kami juga akan berlatih dengan WBA. Kami kan sudah lama menjalin relasi baik dengan WBa, kini kita coba yang berkunjung ke mereka dan mempelajari lebih dalam lagi mengenai kultur basket di sana," pungkasnya. 

Salah satu pemain DBL Selection Team, Kennie Elbert juga cukup antusias untuk perjalanan kali ini. "Saya sudah tiga kali masuk DBL Selection Team dan berkunjung ke tiga negara yang berbeda. Ini akan jadi pengalaman menarik melihat bagaimana basket di Australia. Persiapan sudah cukup baik, kami latihan fisik dan taktik cukup banyak. Semoga hasilnya baik di sana," tutupnya. 

Ini jadi tur ketiga DBL Academy ke luar negeri. Sebelum Australia dan Malaysia, DBL Academy juga sempat menjajal turnamen di Thailand. (DRMK)

Foto: Dokumentasi DBL Academy 

 

Komentar